Ratusan Terapis Antusias Ikuti Uji Kompetensi

Senin, 09 Oktober 2017 - 16:06 WIB

PEKANBARU--Sebanyak 100 orang peserta antusias mengikuti uji kompetensi sertifikasi SPA terapis yang difasilitasi Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Agenda meningkatkan profesionalisme pekerja terapis SPA yang diselenggarakan selama dua hari, tanggal 9 hingga 10 oktober 2017, di Aura Putri Keraton SPA, Jalan Jendral no 12 B, Labuh Baru, Pekanbaru ini menghadirkan asesor-asesor handal dari pusat.

Dengan dihadiri Perwakilan Kementrian Pariwisata Asdep Pengembangan SDM, Baguslan Harahap, Ketua LSP SPA Nasional, Annie Savitri SE  PgD IA, Dipl Cidesco dan Ketua Asosiasi SPA Terapis Indonesia (ASTI) Riau, Dessie Wulandari.

Ketua LSP SPA Nasional, Annie Savitri mengatakan, pada tahun 2017 ini kota Pekanbaru mendapatkan kuota sebanyak 100 orang yang diikuti oleh lebih dari 20 industri yang tersebar di daerah Pekanbaru dan sekitarnya.  

“Diwajibkan untuk para SPA terapis yang mengikuti ujian mengikuti instruksi yang diberikan oleh asesor, sehingga cukup untuk menggali kompetensi para peserta baik dari segi pengetahuan, keterampilan dan juga etika, sehingga asesor dapat memberikan rekomendasi kepada para peserta ujian dengan tepat,“ ungkap wanita berparas ayu yang akrab disapa Ani ini.

Ia  mengharapkan dengan program uji kompetensi dari kementrian pariwisata ini dapat meningkatkan kesadaran para pekerja profesi SPA. Kemudian lanjutnya juga para perusahaan yang bergerak di bidangnya untuk mengikuti dan menyadari pentingnya program tersebut.

Sementara Staf Asdep Pengembangan Pariwisata Baguslan Harahap dalam arahannya mengatakan agar mempergunakan fasilitas gratis yang diberikan oleh negara ini dengan sebaik mungkin.

“Kita mengharapkan peserta SPA terapis untuk menyambut dengan semangat program ini dan siap untuk bersaing di dunia. Dimana Indonesia adalah negara yang dikenal memiliki SPA terapis yang cukup handal baik dari segi etika, keterampilan, dan pengetahuannya. Sertifikasi ini berlaku untuk seluruh Indonesia dan 10 negera di Asean,” ungkap Baguslan.

Ia berpesan untuk SPA terapis yang berada di Pekanbaru dan sekitarnya untuk bangga mempunyai profesi SPA terapis berkompetensi internasional dan dicari banyak perusahaan SPA di dunia. Yang selanjutya SPA terapis di Indonesia diharapkan meningkatkan kesadaran akan pentingnya sertifikasi kompetensi ini.

Hal senada juga diungkapkan Ketua ASTI Riau Dessie Wulandari. Dengan uji kompetensi ini, tentunya kita minta teman-teman berkomitmen dan memegang teguh tiga poin penting yang sangat berarti yakni attitude profesi (sikap kerja), knowledge (pengetahuan) dan skill (keterampilan), harap wanita berhijab yang dikenal ramah ini. Owner Aura Putri Keraton SPA ini berniat ke depannya SPA miliknya akan berkonsep nuasa melayu.

Kita nantinya akan mengangkat budaya melayu Riau yang kental dengan nuasa Islami. Dengan berpakaian yang sopan dan sikap yang santun, cetus Dessie. Para asesor yang bersertifikat kompetensi yang bertugas dalam uji kompetensi kali ini adalah Tenri Duppawati, Sri Ida Mulyani, Precillia Fredrica, Aloysa Atemalem Munthe, Susanti Syamsudin, dan Drg Hermiati Atas Purwandari, selaku Pelaksana acara uji kompetensi.
=Mx/AR

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar