Manageman Pelindo Dumai Tak Miliki Dokumen

Proyek Jembatan 2009 Milik Pelindo Mangkrak

Rabu, 11 April 2018 - 15:46 WIB | dibaca : 119 pembaca

DUMAI--Dua pekan menunggu, manageman Pelindo Dumai belum bisa memberi keterangan terkait keberadaan proyek pembangunan Jembatan Sungai Dumai yang sempat mangkrak pada 2009 lalu. Mereka beralasan sedang banyak kegiatan.

‘’Kerjaan itu sudah lama dan kita tidak memiliki dokumennya. Lagian itukan kerjaan dari Pelindo Medan. Nanti kita carikan datanya ya,” ujar Manager Umum Pelindo Dumai Agus ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX, Rabu (11/4) siang.

Ketika ditanya kapan bisa meminta keterangan terkait proyek yang menelan anggaran hingga miliaran rupiah itu, Agus belum bisa memastikannya. Bahkan, ia tak mengetahui tentang nilai pembangunan jembatan yang diduga gagal tersebut. “Maaf, saya lagi ada acara,” ujarnya singkat.

Diketahui pada 2009 lalu, pihak Pelindo Cabang I Kota Dumai menghentikan proyek pembangunan Jembatan Sungai Dumai yang menghubungkan dua kelurahan. Yakni, Kelurahan Pangkalan Sesai dan Kelurahan Laksamana.

Rencananya pembangunan jembatan tersebut akan menjadi lintasan bagi kendaraan pengangkut CPO sejumlah perusahaan yang beroperasi di sekitar kawasan Pelabuhan Pelindo Dumai.

Tak hanya mangkrak, proyek pembangunan jembatan itu juga sempat mendapat penolakan warga Dumai. Pasalnya, dinilai akan menutupi jalan masuk bagi kapal yang melintas di Sungai Dumai.

Proyek tersebut juga dinilai merusak kawasan Bandar Bakau yang merupakan salah satu objek wisata Dumai untuk melestarikan tanaman bakau. Termasuk mencegah erosi laut terhadap daratan Dumai yang dinilai sudah sangat meresahkan.

Manager Teknik Pelindo Cabang I Dumai Teuku Sadil mengaku tiang pancang jembatan yang dibangun pada 2009 lalu dinilai tidak layak untuk digunakan. Karena sudah lama, proyek penyanggah jembatan tersebut sudah bergeser dari sebelumnya.

“Tiang pancang lama tersebut sudah tidak layak sehingga dalam pengerjaan pembangunan jembatan dengan anggaran baru ini sebagiannya kita hancurkan. Dan kita lakukan pengecoran baru untuk difungsikan kembali,” ujar Sadil. =MX15

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar