Pipa Minyak Chevron Meledak

Minggu, 27 Mei 2018 - 13:19 WIB | dibaca : 248 pembaca

DURI— Dentuman hebat disertai suara gemuruh yang berasal dari pipa milik perusahaan minyak PT Chevron gegerkan warga Permatang GS, Desa Petani, Kecamatan Bathin, Kabupaten Bengkalis Jumat(25/5) malam pukul 21.30 WIB.

Pantauan lapangan, semburan minyak mentah berwarna hitam tampak melambung setinggi 25 hingga 30 Meter ke udara.

Kejadian tersebut beberapa bulan sebelumnya juga terjadi dipemukiman masyarakat di sekitar Simpang ABC, Jalan Lintas Duri Dumai, Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis. Diduga uzurnya usia pipa minyak mentah dminimnya perawatan tersebut menjadi penyebab meledaknya pipa hingga memuntahkan isinya.

Beruntung, arah angin tidak sempat mengarah kepemukiman masyarakat hingga tidak menyebabkan korban jiwa, namun malang, lahan masyarakat setempat dan kebun kelapa sawit menjadi sasaran genangan minyak mentah hingga berbentuk menyerupai danau.

Yang pertama terdengar suara ledakan dan dibarengi dengan suara mirip gemuruh hujan dan dari pipa tampak semburan minyak setinggi 25 hingga 30 meter, tutur warga sekitar, Yudi. Sontak saja, tumpahan minyak mentah tersebut langsung dilaporkan ke pihak perusahaan dan security Chevron.

Meski sempat menjadi tontonan warga, namun subkontraktor perusahaan raksasa Minyak dan Gas asal Negeri Paman Sam tersebut dengan sigap mensterilkan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Pantauan di lapangan, puluhan personil Subkontraktor CPI dengan didukung alat berat dan mobil penyedot minyak mentah masih tampak hilir mudik dilokasi dengan penjagaan ketat personil Kepolisian.

Danya Dewanti selaku Manager Corporate Communications PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) menyebutkan, yumpahan ini diduga berasal dari keran minyak (valve) yang dibuka oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan bukan akibat ledakan. Tidak ada korban dan rumah penduduk yang terkena tumpahan minyak akibat kejadian tersebut.

PT CPI telah mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengisolasi kebocoran dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna melindungi masyarakat dan lingkungan sekitar. Pada pukul 24.00 WIB, tumpahan minyak telah berhasil dihentikan.  =mx/bc

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar