Hasil Survei, Syamsuar-Edy Ungguli Calon Lain

Rabu, 20 Juni 2018 - 16:33 WIB | dibaca : 147 pembaca

PEKANBARU—Lembaga survei Polmark Indonesia merilis hasil survei terbaru yang diselenggarakan tanggal 5-11 Juni 2018 lalu. Hasil dari elektabilitas pasangat duet birokrat dengan militer itu, sesuai survei lembaga profesional, Polmark menyebutkan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau adalah nomor urut 1 Syamsuar-Edy Nasution.

CEO Polmark Indonesia Eep Saefullah Fatah dalam konperensi pers yang dilaksanakan Rabu (20/6) menyebutkan, walaupun sebagai konsultan, namun survei tetap dilakukan secara profesional dan objektif.

“Karena hasil survei ini bagian dari kegiatan kerja profesional kami selaku konsultan dalam memberikan masukan kepada paslon. Artinya kami juga memerlukan survei untuk dapat memberikan masukan. Hasil dari survei itu tergantung kepada paslon apakah diumumkan atau tidak, dengan syarat dari kami bahwa paslon harus bersedia lembaga survei yang mengumumkan menyebut bekerja sama dengan siapa,” kata Eep.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang tersebar di seluruh kabupaten/kota dengan perbandingan 50:50 pria maupun wanita. Metode yang dilakukan adalah multistage random sampling dengan margin eror +- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Syamsuar-Edy Nasution unggul di posisi teratas dengan hasil 27,4 persen disusul pasangan nomor 3 Firdaus-Rusli sebanyak 13,3 persen, pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hardianto 8,9 persen dan pasangan nomor urut 4 Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno sebesar 8,5 persen.

“Namun angka undecided voternya masih besar yakni sebesar 41,4 persen. Artinya angka itu adalah responden yang menjawab belum tahu, tidak menjawab atau rahasia. Ini termasuk besar karena kami melakukan survei hanya tinggal menghitung hari menjelang pencoblosan 27 Juni yang akan datang,” kata Eep.

Eep mengatakan angka itu bisa  dijadikan pertimbangan para pasangan calon untuk terus bekerja keras sampai ke kaki-kaki paling bawah lapisan masyarakat Riau.

“Perlu diingat bahwa dari survei kami ini menunjukkan bahwa 42,9 persen keputusan diambil oleh diri sendiri, 22 persen oleh keluarga dan sisanya pihak lain. Dari hasil ini Riau masih cair dan masih ada peluang untuk mendapatkan suara,” katanya.

Untuk tingkat popularitas gubernur Arsyadjuliandi Rachman sebesar 71,2 persen, Syamsuar 67,7 persen, Firdaus 65,3 persen dan Lukman Edy 60,6 persen. =RLS

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar