PGN Kirim 23 Pelajar Riau ke Maluku

Senin, 13 Agustus 2018 - 15:16 WIB | dibaca : 80 pembaca

PEKANBARU—PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengirim 23 pelajar SMA/ SMK dan SLB terbaik di Provinsi Riau untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Kota Ambon, Provinsi Maluku mulai 15-25 Agustus 2018.

Kegiatan SMN tersebut, merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang diusung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun di tahun 2018 ini.

Direktur SDM dan Umum PGN  Desima E Siahaan kepada Pekanbaru MX mengatakan, selama berada di Kota Ambon, seluruh siswa yang berasal dari sekolah-sekolah di Pekanbaru dan sekitarnya tersebut akan mengikuti kegiatan pendidikan dan kebudayaan yang telah disusun oleh BUMN lain yaitu PT Jasa Raharja (Prrsero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Perikanan Nusantara (Persero).

Para siswa itu nantinya akan menginap di rumah-rumah penduduk yang menjadi orang tua asuh mereka di Ambon selama 1 pekan lamanya.

“Mereka akan belajar mengenai perekonomian, sistem pendidikan, kebudayaan, pariwisata dan bela negara di sekolah-sekolah terbaik yang ada di Maluku. Sementara ke-23 siswa dari Ambon akan datang ke Riau dan mengikuti kegiatan pendidikan, kebudayaan dan bela negara yang disiapkan oleh PGN,” terangnya.

Dengan mengikuti secara langsung kegiatan pembelajaran dan tinggal di rumah penduduk daerah lain, para siswa tersebut diharapkan bisa mengenal dan menghargai kebudayaan yang dimiliki saudara-saudaranya dari daerah tersebut.

“PGN dan BUMN lain yang terlibat dalam program SMN ingin generasi muda bisa meningkatkan lagi rasa toleransi dan menghargai keberagaman antar suku yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, pelepasan siswa SMN sendiri dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau H Wan Thamrin yang mewakili Gubernur Riau. Menurut Thamrin, program SMN yang merupakan bagian dari rangkaian Program BUMN Hadir untuk Negeri 2018.

“Pelajar dan para pendamping ini akan mendapatkan pengalaman dan ilmu  yang dapat mereka terapkan kelak dalam kehidupannya,”  kata Wan Thamrin.

“Selain itu, diharapkan para siswa dalam program SMN asal Riau ini dapat menjadi duta bagi Provinsi Riau untuk dapat memperkenalkan kekayaan Provinsi Riau kepada masyarakat di Provinsi Maluku,” sambungnya.

Untuk diketahui, dalam menyeleksi para siswa-siswi dari Provinsi Riau yang terpilih sebagai peserta program SMN, PGN dibantu oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Proses seleksi sudah dimulai sejak 27 Juli 2018 di Pekanbaru. Di sana para peserta dari sejumlah SMA, SMK, dan SLB di Provinsi Riau mengikuti serangkaian tes, sampai akhirnya terpilih 23 siswa dengan nilai tertinggi sebagai peserta program ini.

Sebagai penyelenggara program SMN, PGN memenuhi seluruh kebutuhan para siswa dan 3 guru pendamping dari Riau, termasuk memberikan uang saku selama mereka berada jauh dari rumah. =MX10

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar