Apresiasi Jurnalistik, PGN Gelar KJPGN ke-5

Jumat, 07 September 2018 - 15:55 WIB | dibaca : 31 pembaca

DUMAI--Sebagai bentuk apresiasi kepada para jurnalis, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) kembali menggelar Kompetisi Jurnalistik PGN 2018 (KJPGN).

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menuturkan, tahun ini menjadi pelaksanaan KJPGN yang ke-5 sejak pertama kali perusahaan menyelenggarakannya pada 2014 lalu.

“Tahun ini kami kembali meluncurkan KJPGN dengan harapan rekan-rekan jurnalis yang selama ini menjadi mitra PGN, terpacu semangatnya untuk menghasilkan tulisan yang komprehensif, berimbang, dan bermanfaat bagi pemanfaatan gas bumi yang merupakan energi baik secara lebih luas lagi,” kata Rachmat dalam keterangan resmi, Senin (3/9).

KJPGN tahun ini mengambil tema ‘Energi Baik PGN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional’ yang terbuka untuk tiga kategori, yaitu media cetak, media online, dan fotografi.

Menurut Rachmat, tema tersebut dipilih agar angle penulisan berita maupun foto yang diikutsertakan para jurnalis dalam KJPGN bisa lebih bervariasi.

Karena pada praktiknya sehari-hari, gas bumi milik PGN disalurkan ke berbagai segmen pelanggan mulai dari pelanggan industri, komersial, UMKM, maupun rumah tangga yang sangat erat bersinggungan dengan pertumbuhan ekonomi.

Para jurnalis maupun fotografer media yang berminat mengikuti KJPGN 2018, dapat mengumpulkan hasil karya yang telah dipublikasikan di media cetak dan online periode 1 Januari-15 Desember 2018. Karya tulis dan foto yang akan dilombakan dapat dikirimkan melalui e-mail ke alamat: kjpgn@pgn.co.id dengan batas akhir pengumpulan pada 15 Desember 2018.

“Silakan rekan-rekan jurnalis memilih dari sudut pandang yang mana mau menulis atau memotret sesuai kriteria tema tersebut. Yang pasti PGN sudah memiliki tim Dewan Juri yang secara profesional akan memilih karya terbaik sebagai pemenang,” kata Rachmat.

Pada gelaran KJPGN 2018 ini, PGN bekerja sama dengan tim Dewan Juri yang seluruhnya merupakan jurnalis-jurnalis senior di Indonesia, seperti Usman Kansong, Direktur Pemberitaan Media Indonesia selaku juri untuk kategori media cetak.

Kemudian Wahyu Daniel Panjaitan, Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia selaku juri untuk kategori media online. Prasetyo Utomo,

Kepala Redaksi Foto Perum LKBN Antara selaku juri untuk kategori fotografi. Jadi tunggu apalagi? Ayo kirimkan karya tulis dan foto terbaik kalian untuk menjadi pemenang KJPGN 2018! Informasi detail dapat diakses di www.kompetisijurnalistikpgn.com    

Untuk diketahui, PGN adalah perusahaan milik negara yang dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan tujuan untuk membangun ekonomi nasional dengan mengutamakan kebutuhan rakyat menuju masyarakat yang adil dan makmur materiil dan spiritual, sebagaimana dinyatakan dalam dasar hukum dilahirkannya PGN sesuai Pepres No. 19 tahun 1965.

Sebagai upaya peningkatan transparansi dan kemudahan mendapatkan dana untuk pengembangan infrastruktur gas, pada tahun 2003 Pemerintah atas persetujuan DPR mengambil langkah untuk menjadikan PGN sebagai perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Seiring dengan berjalannya waktu, mulai tahun 2018, Pemerintah Republik Indonesia mengamanatkan pembentukan holding BUMN migas dengan menjadikan PGN sebagai anak usaha PT Pertamina (Persero).

Sekaligus menetapkan PGN sebagai subholding gas yang diberikan kewenangan untuk mengelola infrastruktur dan seluruh aset milik PT Pertamina Gas dalam menjalankan bisnisnya.

Dengan demikian, saat ini kepemilikan saham seri B PGN sebesar 13.809.038.755 atau 56,97 persen saham dimiliki oleh Pertamina dan 10.432.469.440 atau 43,03 persen saham perusahaan dikuasai publik. Sementara Negara Republik Indonesia memiliki 1 saham seri A Dwiwarna. =mx/rls

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar