Telah Dinyatakan Korupsi

7 Oknum PNS Meranti Masih Terima Gaji

Senin, 10 September 2018 - 16:05 WIB | dibaca : 39 pembaca

SELATPANJANG—Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti akan melaksanakn proses pemberhentian secara tidak hormat terhadap 7 PNS yang tersandung tindak pidana korupsi.

Hal ini menindaklanjuti surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK yang menginstruksikan bahwa PNS aktif yang menjadi terpidana perkara korupsi harus diberhentikan tidak dengan hormat. Langkah itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS.

Walau telah lama berstatus hukum tetap karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi, 7 orang oknum PNS terkait dibenarkan masih terima gaji.  Hal disampaikan langsung oleh Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kepulauan Meranti Bakaruddin. 

“Iya ada tujuh orang PNS aktif kita yang akan diberhentikan. Langkah itu diambil atas imbauan KPK kepada PPK belum lama ini. Sampai saat ini ketujuh PNS tersebut masih terima gaji, namun tidak penuh,” ujarnya.

Untuk menindaklanjuti proses tersebut, pihak BKD sepakat akan melakukan pemanggilan terhadap mereka. “Dalam waktu dekat ini kita panggil, rencananya, Rabu (12/9) mendatang,” ungkapnya.

Terhadap keputusan pemberhentian kepada mereka, Bakar menjelaskan memang berada penuh di tangan pejabat pengambil kebijakan (PPK) yakni bupati. Untuk proses evaluasi administrasi sepenuhnya berada pada BKD kepulauan Meranti.

“Sebenarnya beberapa orang di antara mereka sudah selesai evaluasi administrasi pemecatannya, namun keputusan berada penuh di tangan Pak Bupati,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, ia berharap apapun keputusannya dapat menjadi pelajaran yang baik terhadap PNS di lingkungan mereka. Mengingat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti masih kekurangan seribuan PNS.

“Minimal dapat membangun citra PNS dan karakter yang baik kepada semua PNS yang ada di Meranti. Mulai dari sanksi ringan, sedang hingga berat,” ungknya.

=
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Tulis Komentar