Dikendalikan Napi, 3 Kilo Sabu Diamankan

Selasa, 09 April 2019 - 17:28 WIB   [74 Klik]
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Raja Mirza

Dikendalikan Napi, 3 Kilo Sabu Diamankan

Wadir Ditresnarkoba Polda Riau AKBP Andri Sudarmadi memperlihatkan barang bukti sabu 3 kilogram bersama empat tersangka yang berhasil diamankan

KORANMX.COM, PEKANBARU-- Tiga pria ditangkap Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Riau saat melakukan transaksi di sebuah rumah di Jalan Lumba-Lumba, Gang Bunga Raya, Kecamatan Bukit Raya, Jumat (29/3/2019) sekitar pukul 03.00 WIB. Turut diamankan bersama mereka sabu seberat satu kilogram yang sudah dibungkus dalam 10 paket.
Tiga orang dimaksud yakni YN (40) merupakan pemilik rumah, SR (39) dan JH (50).

Wakil Direktur Resnarkoba Polda Riau AKBP Andri Sudarmadi SIK mengungkapkan, saat hendak melakukan penangkapan, petugas sempat terlibat aksi dorong-dorongan di pintu. Karena para pelaku mengetahui yang datang adalah polisi. ‘’Kita sempat dorong-dorongan dan langsung kita dobrak. Sehingga petugas bisa melakukan penggeledahan,’’ ungkap Andri.

Selain itu, saat petugas sudah berada di dalam rumah, YN sempat berupaya kabur melalui pintu belakang. ‘’Upaya YN kabur digagalkan petugas yang berjaga di belakang rumah,’’ ungkap Andri.

Saat penggeledahan, barang bukti berupa 10 paket sabu-sabu didapati disimpan tersangka di tas pinggang yang diletakkan dalam kantong sampah.

‘’Sabu itu ditemukan di dapur, beratnya sekitar 1 kg milik YN. Selain itu kami juga mengamankan satu unit timbangan dan empat unit handphone,’’ sebut Andri.

Selanjutnya, saat dilakukan pengembangan YN mengakui mendapatkan sabu itu dari RA (28) warga Asal Kota Dumai. Pelaku yang mengaku hanya sebagai kurir ini, diamankan saat berada disalah satu hotel di Pekanbaru. ‘’Dari kamar hotel tersebut kita amankan barang bukti sabu dan alat hisab sabu,’’ terang Andri.

Kepada petugas yang melakukan interogasi, RA mengakui masih ada menyimpan sabu lainnya dirumah kostnya di Jalan Kapling, Kecamatan Bukit Raya. ‘’Saat kos-kosan tersangka kita gelisah, kita berhasil amankan sabu dengan berat 2 kilogram yang disimpan didalam jok motornya,’’ ungkap Andri.

Pengakuan RA, tersangka mengaku  hanya seorang kurir sabu yang membawa barang haram ini dari Dumai ke Pekanbaru untuk diserahkan kepemesannya. ‘’Untuk RA merupakan kurir, dan tiga tersangka lainnya adalah pemesanan sabu,’’ ujar Andri.

Selain itu pengakuan RA, ia hanya ditugaskan mengantarkan sabu sebanyak 1 kilogram ke pemesan tiga tersangka. Rencananya, sabu berat 1 kilogram itu akan dipecah-pecah untuk diedarkan di Pekanbaru dan Pasir Pangaraian.

Untuk mengungkapkan kasus ini. Menurut Andri pihaknya terlebih dahulu melakukan penyelidikan sejak malam harinya hingga dini hari.

RA juga mengakui, untuk membawa sabu tiga kilogram itu. Tersangka hanya menggunakan sepeda motor. ‘’RA mengaku membawa sabu 3 kilogram itu cuma menggunakan sepeda motor,’’ terang Andri.

Untuk mengungkapkan jaringan RA ini, Andri menyatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan. Pengungkapan sabu ini, lanjut Andri merupakan keempat kalinya ditemukan yang bentuk bungkusan terbaru warna keemasan. ‘’Sebelumnya warga kuning, hijau dan kuning bertanda ada tulisan china,’’ tandasnya. (***) 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook