Bupati Bantah Halangi Pengisian Wabup

Rabu, 10 April 2019 - 16:35 WIB   [28 Klik]

Bupati Bantah Halangi Pengisian Wabup


ROKANHULU—Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman sempat diisukan sebagi pihak yang sengaja menunda-nunda atau menghalangi pengisian posisi wakil bupati. Diketahui, posisi wabup sudah lama kosong sejak Sukiman didefinitifkan 1 tahun lalu.

Seperti diketahui, ada empat partai pengusung yakni Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Masing-masing partai sudah merekomendasikan nama-nama bakal calon wakil bupati. Seperti Partai NasDem merekomendasikan nama H Indra Gunawan alias Ujang Lurah, selanjutnya Hanura mengusulkan HT Azwir, kemudian baru-baru ini Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar merekomendasikan nama H Masgaul Yunus.

Namun dari empat partai pengusung itu, hanya Partai Gerindra yang belum mendapatkan rekomendasi dari DPP, meskipun sudah diusul nama Syamsul Akmal dari DPC Partai Gerindra Rohul.

Menanggapi isu miring itu, Sukiman akhirnya angkat bicara. “Jadi bukan saya menghalangi. Bagi saya, kalau perlu empat bakal calon yang diusulkan partai pengusung, jadi wakil bupati saya semua. Kan bagus, saya tinggal tenang-tenang aja. Ada wakil bupati pembangunan misalnya, saya tenang aja,” kata Sukiman di sela-sela pelepeasan pawai taaruf MTQ Rohul ke-19 (8/4) di Pasirpengaraian

Sukiman mengaku, dalam pengisian jabatan Wakil Bupati Rohul ini, dirinya tetap mengacu dan berpegang pada aturan dan prosedur yang berlaku.

“Semua kita lakukan sesuai prosedur. Itu kebiasaan saya, mentaati aturan. Bagaimana prosedur berlaku, ikuti saja. DPRD minta kepada bupati, lalu bupati minta kepada partai pengusung. Itu sudah saya jalankan. Nah sekarang kita lalui saja prosesnya,” ucapnya.

Disinggung belum adanya rekomendasi dari partainya, yaitu Partai Gerindra yang notabene adalah salah satu pegusung pasangan Suparman-Sukiman,

Sukiman mengaku sudah dua kali mengajukan nama ke pimpinan Partai Gerindra di provinsi bahkan ke pusat. Namun pada kenyataanya, rekomendasi terkait usulan bakal calon wabup pengganti antar waktu dari Partai Gerindra tersebut, masih belum diputuskan.

“Sudah lama dan sudah dua kali minta rekomendasi tersebut ke partai, tapi sampai sekarang belum dapat. Kita maklumlah, Partai Gerindra sekarang kan sedang fokus Pemilu. Apalagi kan Pak Prabowo maju sebagai Capres. saya tidak bisa langsung dapat rekomendasi itu, semua itukan pakai aturan,” terang Sukiman yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Rohul tersebut. =MX20



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook