Dibayar 25 Juta, Perampok Rokok Senilai 1,5 M Diamankan

Rabu, 10 April 2019 - 16:43 WIB   [83 Klik]

Dibayar 25 Juta, Perampok Rokok Senilai 1,5 M Diamankan

Dua tersangka perampokan rokok bernilai Rp1,5 miliar diekspos di Ditreskrimum Polda Riau.

PEKANBARU—Subdit Jatanras Polda Riau mengungkap kawanan rampok yang merampas mobil box rokok milik PT HM Sampoerna di Jalan Garuda Sakti, Tampan pada Senin (11/3) lalu.

Ternyata, mereka merupakan kawanan rampok asal Medan yang sudah berulang kali main di lintas Sumatera.

’’Pelaku berjumlah 10 orang, perampok lintas provinsi sindikat rampok Medan. Dari para pelaku, dua di antaranya berhasil kita tangkap,’’ terang Kompol J Sitanggang, Kanit Jatanras Subdit III Ditreskrimum Polda Riau, Rabu (10/4) sekitar pukul 11.00 WIB.

Dua pelaku perampok rokok ini berhasil diamankan tim Jatanras Polda Riau pada Selasa (27/3) lalu di Belawan, Sumatera Utara (Sumut). Dari pengembangan, terungkap ada 10 orang yang beraksi. Semuanya asal Medan.

’’Mereka yang berdua ini merupakan eksekutor di lapangan yang menumpangi mobil box rokok. Sedangkan beberapa pelaku lainnya berada di dalam mobil Innova yang di hari kejadian berperan menghalangi mobil korban,’’ lanjut J Sitanggang menerangkan.

Pengembangan pun terus dilakukan. Informasi selanjutnya diterima Jatanras Polda Riau bahwa tiga pelaku lainnya juga berhasil ditangkap jajaran Polres Bireuen, Aceh atas kasus yang sama. Ternyata, sindikat rampok Medan ini sebelum beraksi di Pekanbaru, juga telah merampok di Aceh.

Ternyata, perampok asal Medan ini merupakan spesialis angkutan ekspedisi. Target mereka adalah mobil rokok yang melintas.

Dua pelaku Fuad dan Jefriando saat diwawancara Pekanbaru MX, mengakui perbuatannya sebai eksekutor di lapangan. Sekali beraksi mereka mendapat upah Rp25 juta.

’’Kami hanya menerima job. Uangnya kami terima sebelum melakukan perampokan,’’ kata tersangka Jefrianto.

Mengenai upah yang diterima, aku Jefrianto, sudah habis sebelum ditangkap. Digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Aksi perampokan rokok bernilai Rp1,5 miliar ini terjadi pada Senin (11/3) sekitar pukul 10.00 WIB, di Jalan Garuda Sakti. Mobil box berisi rokok tersebut sebelumnya ditumpangi tersangka Fuad dan Jefrianto yang kemudian di perjalanan dihalangi satu unit mobil Innova.

Mobil beserta sopir dan muatannya diturunkan di wilayah Kasikan, Rohul. Dari penyelidikan, kemudian didapatkan mobil box rokok berada di wilayah Kampar dengan kondisi box mobil sudah tidak ada. ’’Box mobilnya juga diambil sama pelaku,’’ kata J Sitanggang. =mg2



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook