Video Conference dengan Gubri, Alfedri Laporkan Persiapan Siak Jelang Pemilu

Kamis, 11 April 2019 - 17:15 WIB   [20 Klik]
Reporter : Yanti Sugrianti
Redaktur : Oce E Satria

Video Conference dengan Gubri, Alfedri Laporkan Persiapan Siak Jelang Pemilu


KORANMX.COM, SIAK---Bupati Siak, Alfedri menyampaikan kepada Gubernur Riau, Syamsuar bahwa Pemerintah Kabupaten Siak siap melaksanakan dan menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019.

Hal tersebut disampaikan Alfedri melalui  video konference yang difasilitasi Diskominfo Siak, kemarin di ruang Bandar Kantor Bupati Siak.

"Alhamdulillah seluruh persiapan jelang Pemilu 2019 di Kabupaten Siak sudah di persiapkan sebaik mungkin, semoga sampai dengan hari H tidak ada kendala," kata Alfedri kepada Gubri Syamsuar.

Dijelaskannya, persiapan itu di antaranya, telah melaksanakan pernyataan sikap dan deklarasi bersama pemilu damai antara Pemkab Siak bersama unsur terkait.

Dalam video konference yang diikuti oleh seluruh bupati/walikota se-Riau tersebut, Alfedri juga melaporkan penetapan jumlah pemilih di Kabupaten Siak sebanyak 273.135 pemilih, dengan TPS sebanyak 1.244.

"Untuk surat suara di Siak sudah dilakukan pelipatan, dan telah dimasukkan ke kotak suara untuk selanjutnya akan segera didistribusikan ke 14 kecamatan di Kabupaten Siak melalui PPK masing-masing", lanjutnya.

Ditambahkannya, jadwal pendistribusian ke masing-masing PPK akan dilakukan tanggal 12 - 14 April ini. Kemudian tanggal 14 - 16 April diharapkan PPK sudah mulai melakukan pendistribusian ke KPPS masing-masing kelurahan dan kampung terutama diprioritaskan yang daerahnya jauh.

Sementara untuk upaya pengamanan, sambungnya, Pemkab Siak telah melantik Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kabupaten Siak, dan akan dibantu oleh anggota Polri dan TNI guna menjaga keamanan pada saat pemilu nantinya.

"Untuk meningkatkan keamanan dan kelancaran pada saat pemilu, juga dilakukan berbagai simulasi di antaranya Siaga Linmas PAM TPS, sosialisasi tata cara pemilu kepada masyarakat dan simulasi pemungutan dan perhitungan suara di KPU Siak", jelas Alfedri.

Sebelum mendengarkan laporan persiapan pelaksanaan Pemilu dari masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Riau, para bupati/walikota terlebih dahulu menyimak video conference koordinasi Gubri bersama Dirjen Kemendagri.

Syamsuar menjelaskan, tujuan dari video conference ini untuk mendengarkan persiapan setiap daerah jelang pelaksanaan pemilu 2019.

Secara umum Gubri menyampaikan, bahwa Provinsi Riau sudah siap menggelar Pemilu 2019 nanti. Kemudian situasi kemananan juga tergolong kondusif. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook