Surat suara dicoblos ilegal

Cek Dugaan Pelanggaran, KPU Kirim Tim ke Malaysia

Kamis, 11 April 2019 - 00:00 WIB   [110 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Cek Dugaan Pelanggaran, KPU Kirim Tim ke Malaysia

Nugroho Noto Susanto, Komisioner KPU Riau

 

KORANMX.COM, PEKANBARU-- KPU RI segera menurunkan tim ke Selangor, Malaysia, guna menggali data dan fakta terkait dugaan pelanggaran pencoblosan surat suara secara ilegal yang terjadi Kamis (11/4/2019). 

"KPU RI segera menurunkan tim besok, (Jumat, 12/4/2019,red)," kata Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto SIP saat dikonfirmasi koranmx.com, Kamis (11/4) 2019) malam. 

KPU, kata dia memandang serius dan sangat hati-hati dalam menyelidiki terjadinya dugaan pelanggaran pencoblosan surat suara secara ilegal di Selangor, Malaysia. "Kita sangat hati-hati dengan persoalan ini," sebutnya. 

Tim, lanjut dia rencananya dipimpin oleh dua komisioner KPU RI yakni Hasyim Asy'ari dan Ilham Saputra. "Tim akan menggali data dan fakta langsung dari lapangan," ucapnya. 

Ditambahkannya, KPU akan terus melakukan koordinasi dengan Bawaslu, bahkan investigasi lapangan tersebut akan dilakukan bersama dengan Bawaslu. 

"Tentunya KPU ingin tahu betul, apakah surat suara yang dicoblos itu benar milik KPU atau tidak. Siapa yang melaporkan, siapa yang membuat videonya dan lainnya serta berkoordinasi dengan Panwas LN, karena kita sangat hati-hati dalam menyikapi persoalan ini," ucapnya. 

Bila pelanggaran tersebut benar-benar terbukti maka KPU akan mengambil langkah dan kebijakan sesuai dengan Undang-undang (UU) berlaku. (***) 

 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook