Diskominfo Anggarkan Rp1 M untuk 100 CCTV

Minggu, 14 April 2019 - 16:20 WIB   [46 Klik]

Diskominfo Anggarkan Rp1 M  untuk 100 CCTV


PEKANBARU--Pengadaan 100 unit kamera pengintai, atau Closed Circuit Television (CCTV) yang dianggarkan Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Persandian dan Statistik Kota Pekanbaru, nilainya mencapai Rp1 miliar rupiah.     

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Persandian dan Statistik Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra kepada Pekanbaru MX, beberap waktu lalu.

Menurutnya, 100 unit CCTV akan dianggarkan tahun ini. ‘’CCTV itu akan kita pasang di 100 titik yang tersebar di Kota Pekanbaru. Kita perkiraan anggaran maksimalnya Rp1 miliar,’’ kata Firmansyah Eka Putra.     
Kalau dihitung 1 CCTv, di satu titik itu nilainya lebih kurang Rp10 juta, maka kalau dikalikan 100, mencapai angka 1 miliar.

‘’Itu angka maksimalnya, karena melihat kualitas CCTv nya juga, seberapa tajam dalam pengambilan gambarnya, semakin bagus lensanya tentu semakin mahal harganya,’’ jelas Firmansyah.     

Untuk pengadaan CCTv ini, tambah Firmansyah, jadwalkan paling lambat pada bulan Mei sudah ada, dan langsung eksekusi, karena DPA nya sudah diterima. ‘’Mudah-mudahan sudah tersedia anggaran untuk pengadaan ini,’’ ujar Eka.     

Eka menambahkan, untuk pemasangan 100 CCTv ini nantinya, akan diprioritaskan pemasangan nya di daerah-daerah vital, seperti di persimpangan jalan, di titik keramaian, titik rawan kejahatan, dan titik rawan banjir.    

Keberadaan CCTv ini, juga harus didukung oleh internet pada titik yang akan dipasang, karena kendala selama ini, tidak adanya jaringan internet di titik yang dipasang itu. ‘’Harus ada kabel fiber optik disitu,’’ katanya.     

Pemasangan CCTv ini, agar menjadikan Pekanbaru sebagai kota yang memiliki sistem keamanan yang cerdas, dan mendukung Pekanbaru sebagai Kota Smart City, dengan adanya CCTv kota ini nantinya bisa memantau kondisi lalu lintas, ketertiban dan keamanan, yang terkoneksi langsung ke Command Center.     

Dan layanan CCTv ini nantinya akan berguna bagi kepolisian, Dinas Perhubungan, Polisi Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran dan lain-lain, karena hanya sebagai penyedia layanan saja.     

‘’Untuk CCTv yang sudah terpasang sebelumnya ada sekitar 35 unit, saat ini kita lakukan peningkatan jaringan, yaitu ada sekitar 15 CCTv yang kita tingkatkan jaringannya. Dari jaringan Radio ke jaringan Fiber Optik atau serat optik,’’ ungkapnya.     

Keuntungan memakai jaringan fiber optik ini, jaringannya itu stabil, namun kalau memakai jaringan Radio, disaat hari hujan atau angin, antenanya lari sedikit, gambar jadi tidak bagus dan tentu terganggu.     

‘’Kita harapkan pemasangan 100 unit CCTv yang kita anggarkan ini dapat terealisasi dan segera diproses, dan lebih meningkatkan keamanan, ketertiban Pekanbaru,’’ tutupnya. MG1



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook