Bawaslu Telusuri Motifnya

Warga Temukan Surat Suara Pilpres di Bawah Jembatan

Minggu, 14 April 2019 - 16:53 WIB   [233 Klik]

Warga Temukan Surat Suara  Pilpres di Bawah Jembatan

Surat suara Pilpres 2019 yang ditemukan di bawah Jembatan Simpang Siabu, Desa Salo, Kecamatan Salo, Kampar diamankan Bawaslu.

KORANMX.COM, KAMPAR--Warga Kabupaten Kampar dihebohkan dengan penemuan surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di bawah Jembatan Simpang Siabu, Desa Salo, Kecamatan Salo, Ahad (14/4/2019). Temuan ini langsung dilaporkan ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kampar.

Ketua Bawaslu Kampar, Syawir Abdullah mencurigai motif surat suara yang ditemukan warga di bawah Jembatan Simpang Siabu.  Saat ini pihaknya masih melakukan penelusuran.

“Penemuan ini bukan hoak, karena itu asli surat suara Pilres 2019. Namun di situ ada tertulis Kabupaten Tanah Datar. Jadi untuk masalah ini mereka sudah langsung koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar,’’ ujar Syawir kepada koranmx. com. 

Mengenai jumlah surat suara yang ditemukan itu, Syawir mengaku belum mengetahuinya. Pasalnya, belum dilakukan pengehitungan.

‘’Untuk itu Bawaslu akan menghitungnya bersama pihak kepolisian dan KPU. Jadi saat ini barang sudah kita amankan dulu,” jelasnya.

Meski begitu, kata Syawir, Bawaslu Kampar tetap akan menggalakan pengawasan untuk Pemilu di Kampar. Menurutnya, bisa jadi ini hanya modus.

“Untuk itu semua tim Pengawas Pemilu harus terus memasang mata dan telinga terkait adanya temuan ini,’’ ungkapnya.

Hanyut ke Sungai                                                                                                                                                                                                                                                                  Selain itu, kata Syawir, mengenai temuan surat suara ini ada juga yang hanyut ke sungai. Namun sudah ditemukan.

 “Makanya  ini akan terus kita telusuri dan cari bukti lainnya apakah ada kecelakaan di lokasi penemuan surat suara atau tidak,’’ ungkapnya lagi.

Saat ditanya apakah hal seperti ini akan ada juga di berapa kecamatan lainya di Kampar, Syawir tidak mau berandai-andai. Ia meminta berpikiran positif. “Tapi untuk pengawasan harus nomor satu dalam Pemilu 2019,’’ tegasnya.

KPU Tidak Ada Kehilangan                                                                                                                                                     Ketua KPU Kampar Dahlan mengaku bahwa mereka sama sekali tidak ada kehilangan surat suara untuk Pemilu 2019. Bahkan mengenai surat suara yang hilang sudah diganti.

Lanjut Dahlan, mengenai temuan ini dirinya juga sudah memberitahukan kepada kepada KPU Tanah Datar. “Sudah dilaporkan kepada KPU Riau agar ditindaklanjuti,’’ pungkasnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook