Jimly Asshiddiqie Kecam Komisioner KPU Anggap Surat Suara Tercoblos Sampah

Minggu, 14 April 2019 - 22:10 WIB   [86 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

Jimly Asshiddiqie Kecam Komisioner KPU Anggap Surat Suara Tercoblos Sampah


KORANMX.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Dr Jimly Asshiddiqie mengecam statemen Komisioner KPU RI, Ilham Saputra yang  menyatakan surat suara yang diduga tercoblos di Selangor, Malaysia, sudah dianggap sebagai sampah.

"Statemen seperti ini memang tidak seharusnya datang dari penyelenggara pemilu dengan kesan menyederhanakan masalah. KPU harus profesional dan perlihatkan dengan baik profesionalismenya dalam mengatasi masalah. Yang salah katakan salah dan lakukan koreksi. Tindak tegas tanpa pandang bulu sesuai aturan!" tegasnya melalui akun Twitternya, Ahad (14/4/2019) malam.

Sebelumnya, dalam pernyataannya di depan wartawan, Ilham Saputra mengemukakan alasannya. Menurutnya, belum bisa dipastikan keasliannya mengingat KPU tidak diberikan akses oleh polisi setempat untuk memeriksa temuan surat suara itu.

"Kami tidak menghitung yang ditemukan itu, dianggap sampah saja," kata Ilham Saputra ditemui di kantor KPU RI di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu.

Tidak dihitungnya surat suara yang diduga tercoblos itu, lanjut dia, tidak akan mempengaruhi ketersediaan surat suara khususnya untuk metode pemungutan lewat pos. "Jadi jangan digeneralisasi terjadi di Malaysia, ini hanya terjadi di Kuala Lumpur, itu harus dipahami. Jadi yang pos sudah ada," katanya.

Kolega Ilham, Ketua KPU, Arief Budiman mengaku belum bisa mengambil kesimpulan mengenai dugaan kecurangan yang terjadi di Selangor Malaysia.

"Memang agak repot untuk mengambil kesimpulan yang detail dan rinci. Karena, KPU tidak bisa mengakses lokasi tempat keberadaan barang-barang itu. Itu sudah di Police Line," kata Arief kepada wartawan usai Apel Siaga Persiapan Penyelenggaraan Pemilu 2019, di Lapangan Banteng, Jakarta, Ahad (14/4).

Seperti diketahui beredar rekaman video yang menggambarkan penggerebekan di sebuah ruko dimana dalam video itu disebutkan bahwa puluhan ribu surat suara sudah tercoblos, yakni untuk pasangan  Capres-Cawapres 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan caleg Partai Nasdem.

Proses pemungutan suara di Malaysia berlangsung sesuai jadwal yakni Ahad (14/4). TPS tersebar yang tersebar di lima titik PPLN yakni Johor Baru, Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Kuching dan Penang. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook