70 Persen SMP di Pekanbaru Sudah UNBK

Minggu, 21 April 2019 - 15:43 WIB   [33 Klik]
Reporter : Ridho Fernandes
Redaktur : Oce E Satria

70 Persen SMP di Pekanbaru Sudah  UNBK


KORANMX.COM, PEKANBARU—Sebanyak 87 sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kota Pekanbaru, sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang mulai dilaksanakan pada Senin (22/4/2019). Angka itu sudah hampir mencapai 70 persen, dari total keseluruhan SMP sederajat yang ada di Kota Pekanbaru, baik negeri maupun swasta.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Muzailis kepada koranmx.com, dari 120 sekolah setingkat SMP, 87 di antaranya sudah menerapkan UNBK pada ujian nasional tahun ini, dan sisanya sebanyak 33 sekolah masih menerapkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

“Angka itu hampir mencapai 70 persen,” ujarnya.

Ujian Nasional tingkat SMP sederajat ini berlangsung selama empat hari, hingga Kamis (25/4) dengan empat mata pelajaran yakni bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan terakhir di hari Kamis ilmu pengetahuan alam (IPA).

“Dan untuk Ujian Nasional SMP, yang menerapkan UNBK ini kita yakin sudah tidak ada kendala lagi, karena dari jauh-jauh hari sudah kita persiapkan semuanya, mulai dari simulasi UNBK, hingga untuk antisipasi hal-hal yang akan terjadi pada pelaksanaannya nanti,” kata Muzailis.

Untuk pasokan kebutuhan listrik dan jaringan internet, kendala seperti pemadaman lampu dan gangguan jaringan servernya sendiri, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN dan penyedia layanan jaringan (provider).  Koordinasi tersebut untuk mengantisipasi gangguan dalam pelaksanaan UNBK.

Dalam pelaksanaan UNBK ini, papar MUzailis, pihaknya akan menerapkan dalam tiga sesi ujian, yaitu jam pertama pada pukul 07.30 sampai 09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30 sampai 12.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 14.00 sampai 16.00 WIB.

Ditambahkan Muzailis, bahwa peserta Ujian Nasional tingkat SMP sederajat ini tercatat sebanyak 17.489 siswa untuk SMP di seluruh Kota Pekanbaru, baik berasal dari sekolah swasta maupun sekolah negeri.

“Kami optimistis Ujian Nasional Tingkat SMP ini berjalan lancar hingga hari akhir, karena untuk UNBK SMP, kita juga memanfaatkan fasilitas yang digunakan SMA/SMK sebelum nya. Mudah-mudahan tidak ada kendala, kendala jaringan, listrik dan lain-lain,” pungkasnya.  ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook