Gathering Badan Usaha BPJS Ketenagakerjaan dan Edukasi Kesehatan Tentang Manajemen Stress

Selasa, 23 April 2019 - 17:34 WIB   [324 Klik]

Gathering Badan Usaha BPJS Ketenagakerjaan dan Edukasi Kesehatan Tentang Manajemen Stress

Direktur RS Awal Bros Panam dr Mutiara Arcan MARS bersama dr Ade Saputra Mulyapranata SpKJ dan Yono dari perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan dalam sesi tanya jawab.

PEKANBARU—Rumah Sakit (RS) Awal Bros Panam menggelar acara edukasi kesehatan dengan tema "Manajemen Stress". Kegiatan  ini berlangsung di Ballroom Ayola First Poin Hotel, Jalan HR Soebrantas, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Selasa (23/4) pagi.

Adapun yang menjadi pameteri adalah dr Ade Saputra Mulyapranata SpKJ. Turut hadir Direktur RS Awal Bros Panam dr Mutiara Arcan MARS, Yono dari perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan dan sejumlah perwakilan perusahaan mitra dari RS Awal Bros Panam.

Dalam sambutannya, Direktur RS Awal Bros Panam dr Mutiara Arcan MARS menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun silaturahmi dan komunikasi dengan sejumlah mitra usaha.

‘’Kami dari RS Awal Bros Panam berkesempatan untuk mengadakan kegiatan gathering (pertemuan) bersama sejumlah mitra usaha. Tidak lain tidak bukan tujuan kami adalah untuk membangun silaturahmi, komunikasi, karena selama ini merujuk pasien dan mempercayakan fasilitas kesehatan di RS Awal Bros Panam, tapi kita tidak saling kenal,’’ ujarnya.

Dengan terjalinnya komunikasi, sebut Mutiara, pelayanan kesehatan untuk karyawan dapat berjalan lebih baik. ‘’Inilah tujuan kami, kita ketemu, kita kenalan dan silaturahmi. Sehingga komunikasi berjalan dan pelayanan kesehatan untuk karyawan dapat berjalan dengan baik,’’ sebutnya.

Terkait pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, RS Awal Bros Panam memberi kemudahan. ‘’Dalam hal ini rumah sakit memiliki kontak person khusus yang nanti mengelola pasien-pasien BPJS Ketenagakerjaan,’’ ungkapnya.

Usai kata sambutan, acara dilanjutkan dengan edukasi manajemen stress yang disampaikan oleh dr Ade Saputra Mulyapranata SpKJ. Menurut dokter spesialis kejiwaan ini, stress adalah reaksi atau respon tubuh terhadap sesuatu yang tidak menyenangkan.

‘’Stress itu sebenarnya respon seseorang secara subjektif. Itu tingkat berat, sedang dan ringannya, tergantung pengelaman orang itu untuk menghadapi stress. Kalau orang sudah pernah mengalami, terus mengalami lagi, tentu tidak seberat tekanan waktu pertama kali mengalami stres,’’ ujarnya.

Setiap orang, sebut dr Ade, tingkatan stressnya berbeda-beda. Namun, stress yang paling berat adalah bencana alam.

‘’Stressor paling berat dalam hidup manusia adalah bencana alam. Stress yang lain seperti kehilangan orang terdekat. Mengalami penyakit yang parah, apalagi masalah pekerjaan. Setiap orang menghadapi stres beda-beda,’’ ungkapnya.

Akibat dari stress ini, ternyata berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Mulai dari penyakit jantung koroner, stroke, keluhan lambung, keluhan kulit, kanker dan lainnya.


Ada beberapa cara menghadapi stress. Di antaranya beribadah, melakukan hobi yang menyenangkan dan lainnya. ‘’Mengkonsumi kafein (kopi) juga salah satu cara mengatasi stress. Kemudian konsultasi dengan ahli kejiwaan,’’ ungkapnya.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB itu berlangsung meriah. Bahkan, ada yang pulang dengan membawa hadiah-hadih menarik yang disediakan panitia. =MX5



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook