BPOM Periksa Makanan di Pasar Ramadan

Rabu, 08 Mei 2019 - 15:23 WIB   [74 Klik]

BPOM Periksa Makanan di Pasar Ramadan

Petugas memeriksa makanan dan minuman yang dijual di Pasar Ramadan.

DUMAI—Menjamin kesehatan makanan dan minuman yang dijual di Pasar Ramadan di Kota Dumai, maka Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Dumai melakukan pengecekan sejumlah makanan dan minuman yang dijaja oleh pedagang, Selasa (7/5).

Dua lokasi Pasar Ramadan yang berada di Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Syeh Umar Dumai menjadi target pemeriksaan petugas BPOM bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Sejumlah makanan dan jajanan dibeli oleh petugas dan dilakukan uji sampel makanan secara langsung di lokasi Pasar Ramadan dan hasilnya petugas menemukan salah satu jajanan berupa cendol mengandung pewarna makanan yang dinilai membahayakan.

‘’Hari ini kita lakukan uji sampel makanan dan minuman di 2 lokasi Pasar Ramadan di Kota Dumai dan hasilnya kita menemukan salah satu jajanan yakni cendol mengandung pewarna pakai dan sangat untuk dikonsumsi,’’ ujar Kepala BPOM Dumai Emi Amalia.

Dikatakannya untuk penindakan kita sudah meminta kepada pedagang untuk tidak lagi menjual cendolnya dan pedagang sudah dengan sukarela membuang cendol dagangannya karena sangat berbahaya bagi kesehatan para konsumennya.

‘’Saat ini pedagang sudah kita data dan akan terus kita pantau. Jika nanti mengulangi kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penindakan,’’ ujar Emi.

‘’Untuk kegiatan ini akan kita laksanakan berkesinambungan dan tidak kali ini saja. Kita juga akan terus melakukan pemantauan sejumlah titik Pasar Ramadan di Dumai,’’ katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Faisal mengatakan, kegiatan bersama dengan BPOM ini merupakan kegiatan dalam rangka pengawasan terhadap makanan dan jajanan yang ada di Pasar Ramadan.

‘’Untuk Dinas Kesehatan sendiri juga nanti akan melakukan pemeriksaan makanan dan minuman di 15 titik Pasar Ramadan di Kota Dumai yang ada di sejumlah kecamatan. Kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait dalam melakukan kegiatan pengecekan makanan dan minuman yang ada di Pasar Ramadan di Kota Dumai,’’ terangnya.

Dirinya berharap pedagang menggunakan bahan-bahan yang aman untuk membuat makanan dan minuman yang akan dijajakan kepada konsumen sehingga kesehatan makanan yang dijaja dapat terjamin. =MX15



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook