Buntut kisruh hitung ulang di 7 TPS

Bawaslu Nilai KPU Bengkalis Plin Plan

Kamis, 09 Mei 2019 - 00:00 WIB   [953 Klik]
Reporter : Riawan Syaputra
Redaktur : Raja Mirza

Bawaslu Nilai KPU Bengkalis Plin Plan

Surat rekomendasi Bawaslu terkait penghitungan ulang di 7 TPS Batin Solapan

KORANMX.COM, BENGKALIS--Kisruh Partai Nasdem Bengkalis dengan salah satu partai soal penghitungan ulang suara di tujuh TPS di Kecamatan Batin Solapan-Bengkalis masih berbuntut panjang. Kali ini Bawaslu Kabupaten Bengkalis menuding KPU plin-plan hingga menyebabkan persoalan penghitungan ulang ini jadi terkatung-katung.

Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman kepada koranmx.com, Kamis (09/05/2019) mengaku jika pihaknya sudah melakukan rekomendasi secara lisan kepada KPU agar dapat mengakomodir pihak dari Partai Nasdem pada saat Pleno di gedung LAMR Bengkalis pada 04 Mei 2019 kemarin. Namun menurutnya pihak KPU terlalu bertele-tele dan plin plan dalam mengambil keputusan yang mengakibatkan masalah ini tidak selesai hingga sekarang.

''Mereka (KPU) terlalu bertele-tele dan plin plan, kita sudah mengeluarkan rekomendasi lisan agar dilakukan hitung ulang dan membuka kotak suara tersebut. Namun mereka tak bisa memberikan keputusan saat itu. Jika saja mereka bisa memutuskan masalah ini tidak akan berlarut sampai sekarang,'' ujarnya.

Usman juga menambahkan jika pihaknya juga mengeluarkan surat yang menyatakan jika pihaknya sudah melakukan rekomendasi lisan saat pleno Kabupaten pada beberapa hari yang lalu. Hal itu dilakukan oleh pihaknya sesuai dengan mekanisme yang ada dan tidak keluar dari jalur yang ada.

'' Kita juga mengeluarkan surat yang menyatakan kami sudah melakukan rekomendasi lisan untuk penghitungan suara di tujuh TPS di Kecamatan Bathin Solapan lalu,'' pungkasnya lagi.

Untuk di ketahui, tuntutan perhitungan ulang yang di minta oleh Partai Nasdem Kabupaten Bengkalis ini mendapat perlawanan dari salah satu partai yang menolak di adakannya perhitungan ulang dan melarang kotak suara di buka. Hingga saat ini permasahan ini masih menimbulkan perdebatan di antara dua partai yang nota bene adalah pendukung pemerintah ini.

Sementara KPU Kabupaten Bengkalis belum bisa menunjukan sikapnya, hal ini di tandai dengan bungkamnya Ketua KPU Fadhillah A,M ketika dikonfirmasi terkait permasalahan ini. Dirinya ketika di hubungi oleh Pekanbaru MX melalui selulernya tak kunjung memberi respon. (***) 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook