Mencari Kenikmatan Kopi Single Origin di Zyan Cafe

Kamis, 09 Mei 2019 - 14:49 WIB   [884 Klik]
Reporter : Ridho Fernandes
Redaktur : Oce E Satria

Mencari Kenikmatan Kopi Single Origin di Zyan Cafe

Suasana di Zyan Cafe Pekanbaru, di sini kopi single origin mengandalkan kopi aceh gayo. [Foto:Ridho/MX]

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Banyak kedai kopi di  kota Pekanbaru yang menyuguhkan kopi dengan berbagai varian jenis dan karakter. Bagi kalangan awam, istilahnya terdengar asing, namun tidak bagi mereka yang memang dikenal sebagai penggila kopi.

Sebut saja kopi single origin yang kini mendapat tempat di hati penikmatnya. Kopi single origin  biasanya mengacu kepada satu wilayah, tempat, atau daerah spesifik dan tak bisa direkayasa. Kebalikannya adalah kopi houseblend atau kombinasi kopi dari berbagai daerah asal.

Oleh kedai kopi Zyan Cafe, single origin dijadikan unggulan terutama kopi dari Gayo, Aceh.

“Kopi ini masih banyak diburu oleh penikmat kopi di sini,” kata Panji, selaku Manager Zyan Cafe kepada Pekanbaru MX. Di kedai kopi yang berada di Jalan HR Soebrantas ini  kopi dari Gayo paling banyak diminati.

“Karena karakter kopi dari Gayo ini memang memiliki daya tarik sendiri bagi penikmat kopi, karena rasanya yang kuat namun tidak pahit membuatnya sangat digemari,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

Apa Itu Kopi Single Origin?

Dijelaskannya, sebetulnya karakter kopi Gayo mirip rasa kopi asal Sumatera pada umumnya. Kadang-kadang juga banyak dijadikan kopi housebland, atau diracik dengan campuran kopi lainnya.

Mengenai harganya, Panji menyebutkan  satu cangkir di sini dijual Rp14 ribu. “Sebanding dengan kenikmatannya yang luar biasa,” katanya.

“Karena biji kopinya sendiri kita datangkan langsung dari daerah Aceh, yang kita roasting di sini, hingga menjadi secangkir kopi yang memiliki kenikmatan yang pas  di lidah,” tukuk Panji.

Selain kopi asal Gayo, Aceh Panji uga menyediakan aneka jenis kopi Nusantara, seperti kopi dari Kintamani Bali dan Lampung. Pengunjung juga ditawarkan aneka ragam milkshake serta jus bagi  yang kurang suka kopi.

Zyan Cafe juga dilengkapi fasilitas yang cukup memuaskan, seperti free wifi dan parkir yang luas. Bahkan untuk ruangan Zyan Cafe mampu menampung sebanyak 200 pengunjung.

“Untuk bulan Ramadan ini, kita juga menawarkan paket berbuka puasa, mulai dari peket Rp20 ribu, Anda sudah dapat berbuka dengan ayam goreng, nasi, lalapan, sambal terasi, takjil, dan teh es,”  ucap Panji. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook