Apa Itu Kopi House Blend?

Kamis, 09 Mei 2019 - 10:09 WIB   [120 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

Apa Itu Kopi House Blend?


KOPI house blend adalah campuran atau racikan dari beberapa jenis kopi, baik varietas maupun single origin. Berbeda dengan single origin yang berarti kopi dari satu daerah tertentu, kopi blend adalah campuran dari dua atau lebih dari beberapa single origin. Tujuannya adalah untuk mendapatkan rasa yang lebih kompleks.

Beberapa orang memang lebih suka ngopi dengan single origin. Menurut mereka, ini adalah cara terbaik untuk menikmati karakter kopi yang spesifik. Namun, sebagian orang lainnya kurang menyukai rasa otentik dari single origin.

Oleh karena hal itulah, beberapa kedai maupun penjual kopi kemudian melakukan peracikan. Harapannya adalah bisa menghasilkan rasa yang seimbang dan lebih disukai oleh konsumen. Hasil racikan atau blend ini kemudian melahirkan sebuah istilah dalam dunia perkopian, yaitu house blend.

BERITA TERKAIT

Apa Itu Kopi Single Origin?

Mencari Kenikmatan Kopi Single Origin di Zyan Cafe

Boleh dibilang, kopi house blend adalah sebuah signature yang menjadi ciri khas kedai atau produk tertentu. Menurut sejarah, penamaan kopi house blend mengacu pada sesuatu yang eksklusif seperti istilah house wine. Kedua istilah itu digunakan untuk menyebut sebuah racikan yang dibuat untuk jadi produk unggulan.

Ada dua pendapat mengenai cara pembuatan kopi blend. Pendapat pertama menyebutkan bahwa blending dilakukan sebelum roasting. Cara ini dipercaya bisa menghasilkan rasa yang unik secara bersamaan.

Pendapat kedua adalah blending yang dilakukan setelah proses roasting per origin. Beberapa orang menganggap bahwa setiap origin punya karakter yang berbeda ketika di-roasting secara bersamaan. Dengan me-roasting-nya sendiri-sendiri sebelum di-blend, maka rasa kopinya akan maksimal.

Sebenarnya tidak ada yang paling benar di antara kedua pendapat tersebut. Masing-masing roaster punya metode dan kemampuan tersendiri untuk memunculkan cita rasa khasnya.

Begitu pula dengan resep kopi house blend, tidak ada yang pantas disalahkan dan dibenarkan. Pada akhirnya, semua kembali ke selera. Cara paling baik untuk menentukan nikmat tidaknya adalah dengan mencoba dan mengeksplorasinya. MX/sasamecoffee)



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook