Paska Kerusuhan dan Pembakaran Rutan

Dikawal Ketat Tim Gabungan, Ratusan Napi Rutan Siak Dievakuasi ke Sejumlah Lapas di Riau

Minggu, 12 Mei 2019 - 01:00 WIB   [634 Klik]
Reporter : Yanti Sugrianti
Redaktur : Oce E Satria

Dikawal Ketat Tim Gabungan, Ratusan Napi Rutan Siak Dievakuasi ke Sejumlah Lapas di Riau

Proses pendataan napi di areal Rutan Siak yang tak terbakar. [Foto:Yanti/MX]

KORANMX.COM, SIAK -- Setelah menjalani proses seharian penuh mengumpulkan dan mendata warga binaan Rutan Siak yang sempat tercerai berai akibat pecahnya kerusuhan dan pembakaran di Rutan kls II B Siak Sri Indrapura tersebut, akhirnya, Sabtu petang (11/5/2019) mulai pukul 16.00 WIB  hingga pukul 19.30 WIB, ratusan warga binaan Rutan Siak dievakuasi.

Pantauan Koranmx.com di lokasi, evakuasi dilakukan menggunakan beberapa bis dan mobil tahanan dengan pengawalan ketat tim gabungan.

Kapolres Siak AKBP Ahmad David menyebut, ratusan napi tersebut bakal disebar pindah ke beberapa lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) yang ada di Riau, yakni Pekanbaru, Bangkinang, Dumai dan Bengkalis.

Dijelaskannya, tahanan yang sudah dievakuasi ke Lapas dan Rutan tersebut sebanyak 615 orang dengan rincian :
- Rutan Bangkinang 81 orang, Rutan Anak Pekanbaru 12 orang, Rutan Bengkalis 45 orang, Lapas Klas II A Pekanbaru 26 orang (perempuan), Rutan Dumai 5 orang, Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru 265 orang dan Rutan Gobah Pekanbaru 181orang.

Jumlah total tahanan Rutan Siak tercatat sebanyak 648 orang terdiri dari laki-laki dewasa 610 orang, laki-laki anak-anak 12 orang dan perempuan 26 orang.

Ditambah tahanan berstatus titipan sebanyak 159 orang dengan rincian :
titipan Polres Siak 4 orang, titipan Jaksa  27 orang, titipan Pengadilan Negeri 116 orang dan titipan Pengadilan Tinggi 12 orang.

Para napi dikumpulkan dan didata di Gedung Tengku Mahratu sebelum dikirim ke Lapas di luar Siak [Foto:Yanti/MX]

Sementara tahanan yang melarikan diri diduga berjumlah belasan dan hingga kini masih terus dilakukan pencarian oleh tim gabungan. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook