Bakal Kunjungi Siak Tahun Depan

Forum TFA Terpukau dengan Paparan Bupati Siak

Minggu, 12 Mei 2019 - 15:54 WIB   [25 Klik]

Forum TFA Terpukau dengan Paparan Bupati Siak

Bupati Siak Alfedri menyampaikan paparan di hadapan para pemimpin dunia dalam forum TFA.

SIAK--Paparan Bupati Siak Alfedri saat menjadi pembicara pada Tropical Forest Alliance (TFA) Internasional yang dilaksanakan di Bogota-Colombia, Selasa (7/5) membuat Forum TFA terpukau.

Mereka langsung menyatakan keinginannya agar TFA 2020 digelar di Indonesia, khusunya Riau dan Siak, guna melihat implementasi Siak Hijau yang dipaparkan Alfedri.

Atas niatan tersebut, Alfedri mengaku senang, karena bisa sekakigus memperkenalkan Negeri Istana ke ranah dunia.

“InsyaAllah kita siap menerima kunjungan para pemimpin negara dan pemangku kepentingan. Saya menawarkan Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah penyelenggaraan karena letaknya tidak begitu jauh dari Kabupaten Siak,’’ kata Alfedri via selularnya dari Bogota, Kolumbia.

Terkait paparannya di hadapan para pemimpin dunia baik presiden maupun menteri yang hadir dalam TFA tersebut, disebutkannya, dirinya menyampaikan tinjauan pendekatan Jurisdictional Approach-Green District Of Siak. Materinya ‘Siak Kabupaten Hijau’ dengan tajuk Kolaborasi Bersama Untuk Siak Hijau.

Dia juga memperkenalkan Provinsi Riau sebagai ‘rumah’ dari lahan gambut terluas di Indonesia yang beberapa tahun belakangan mengalami banyak tantangan dalam kebijakan tata kelola lahan, terutama karena tibanya musim kering yang menyebabkan kebakaran.

Dia juga memaparkan bahwa Siak sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Riau, memiliki komitmen terhadap pembangunan hijau, dengan luas wilayah gambut mencapai 57 persen dari total wilayah atau diperkirakan luasnya sepadan dengan 3 kali luas wilayah Ibukota Bogota, dan 21 persennya merupakan lahan gambut dengan kedalaman 3 sampai 12 meter.

Komitmen tersebut imbuhnya diwujudkan dengan menerbitkan regulasi Peraturan Bupati tentang Siak Hijau, yang memuat pengaturan zonasi tata ruang untuk konservasi, perkebunan, industri dan pemukiman.

Peraturan tersebut saat ini sedang diterjemahkan menjadi Roadmap Siak Hijau yang akan menjadi payung untuk berbagai kebijakan pembangunan di Kabupaten Siak kedepan. =MX



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook