Harus Dikontrol Semua Pihak

Wawako Minta Aksi Tawuran Tidak Terulang Lagi

Minggu, 12 Mei 2019 - 16:22 WIB   [31 Klik]

Wawako Minta Aksi Tawuran Tidak Terulang Lagi


PEKANBARU—Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi meminta kepada para orangtua, agar memperketat pengawasan terhadap anak, pasca meninggalnya seorang remaja.

Pada aksi tawuran yang terjadi di Jalan Soekarno Hatta Rabu (8/5) lalu.     

Ayat Cahyadi juga meminta kepada Kesbangpol, Satpol PP, Dinas Pendidikan, agar berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

‘’Bagaimana mengantisipasi dan memberikan pencerahan agar kasus ini tidak terulang lagi,’’ kata Ayat.     

Namun yang terpenting menurut Ayat Cahyadi, kontrol bersama, untuk mencegah aksi tawuran semacam itu.

‘’Peran orangtua lah yang paling utama mengawasi dan mengontrol anak-anak itu,’’ ujar Ayat Cahyadi, kepada sejumlah media di ruang kerjanya, Jumat (10/5) lalu.     

Ayat mengaku kaget mendengar adanya aksi tawuran di Kota Pekanbaru masih ada berlangsung, hingga mengakibatkan korban jiwa.

''Seharusnya di bulan Suci Ramadan ini, bulan baik ini kan diisi kegiatan positif, mencari amal ibadah, melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan, apalagi ini masih remaja, tentu sangat kita sayangkan,’’ ungkapnya.     

Kepada seluruh keluarga, orangtua harus dapat mengontrol dan memperhatikan anak remajanya, karena memang biasanya, ba’da subuh itu jadi ajang kumpul-kumpul bersama kawan, sehingga rawan akan terjadinya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan.     

Seharusnya ba’da subuh itu bisa kita isi dengan tilawah di masjid, itikaf, sholat sunat Syuruk, ini kadang bawa-bawa motor, mungkin tersinggung atau segala macam, sehingga terjadi kejadian tawuran seperti dijalan Soekarno-hatta itu, terangnya.     

Ayat menambahkan, bahwa pembekalan mental kepada anak-anak ini, juga telah diberikan oleh pihak sekolah, seperti ada pesantren, sekolah mengaji, dalam kegiatan belajar mengajar, agar dapat memperbaiki karakter anak juga, karena anak-anak yang terlibat tawuran kemarin rata-rata masih di usia sekolah.     

Ayat juga berharap, agar kasus tawuran yang memakan korban jiwa ini, cukup sekali ini saja terjadi, dan tidak terulang lagi.

‘’Kita minta peran Kesbangpol, Dinas Pendidikan, dan Satpol PP bergerak. Harus saling berkoordinasi, dalam mengantisipasi tawuran remaja,’’ ujar Ayat. =MG1



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook