File Daftar Napi Hangus Terbakar, Petugas Intensifkan Pengejaran

Minggu, 12 Mei 2019 - 10:39 WIB   [604 Klik]
Reporter : Yanti Sugrianti
Redaktur : Oce E Satria

File Daftar Napi Hangus Terbakar, Petugas Intensifkan Pengejaran

Napi yang berhasil diamankan paska kerusuhan Rutan Kelas II B Siak

KORANMX.COM, SIAK --Selain 615 dari 648 orang warga binaan/napi Rutan Siak yang telah dievakuasi ke beberapa Lapas/Rutan di kabupaten/kota terdekat, masih ada belasan yang kabur memanfaatkan situasi saat kerusuhan yang berujung pembakaran terjadi di Rutan Kls II Siak Sri Indrapura, Sabtu dinihari (11/5).

Untuk itu, Polres Siak dibantu TNI dan masyarakat mengintensifkan pencarian ke lokasi-lokasi yang dicurigai menjadi persembunyian para pesakitan tersebut. Di antaranya ke areal hutan kota yang letaknya berseberangan dengan bagian belakang Rutan dan semak-semak di seputaran rumah warga.

Alhasil, mulai pagi, tengah hari hibgga petang menjelang pada Sabtu (11/5) telah 9 napi kabur yang ditangkap. Bahkan, pada subuh tadi proses pengejaran dan pengepungan masih berlangsung di areal hutan kota Jalan Raja Kecik, antar Kampung Rempak dan Kampung Dalam tidak jauh dari RSUD Tengku Rafian Siak.

Petugas kesulitan mendeteksi identitas napi yang kabur, karena file daftar napi ikut hangus dalam kebakaran hebat yang melanda Rutan Kelas II B tersebut.

"Terus dan terus akan kita cari sampai dapat semuanya. Ini komitmen kita demi kenyamanan dan keamanan semua pihak, terutama masyarakat", tandas Kapolres Siak, AKBP Ahmad David SIK.

Lebih lanjut, Kapolres yang tak pulang-pulang sejak huru-hara terjadi ini, memperkirakan masih ada belasan napi yang masih bersembunyi di seputaran pemukiman penduduk. Dia mengimbau kepada warga agar segera melapor apabila melihat orang yang mencurigakan.

Dijelaskannya, selain 615 yang telah dievakuasi ke Rutan/Lapas terdekat ada juga 33 orang napi yang sedang menjalani pemeriksaan di Polres Siak dan perawatan medis di Rumah Sakit.
"Di Rawat di RSUD Siak 2 orang karena luka dan patah kaki saat melompati dinding Rutan, di sel Polsek Siak 1 orang dan 7 orang menjalani pemeriksaan di Polres Siak terkait kerusuhan di Rutan Siak. Dan 9 orang yang berhasil ditangkap, untuk sementara juga dibawa ke Mapolres Siak.**



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook