Dicemari Limbah, Warga Tandun Enggan Mandi di Sungai

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:44 WIB   [102 Klik]

Dicemari Limbah, Warga Tandun Enggan Mandi di Sungai

ilustrasi pembuangan air limbah

ROKANHULU—Warga Langgak, Desa Koto Tandun, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) enggan mandi dan mencari ikan di sungai sekitar perkampungan.

Pasalnya, mereka menduga sungai sudah dicemari oleh limbah pabrik kelapa sawit.

Tercemarnya aliran sungai ini menurut warga diakibatkan meluapnya limbah cair yang diduga keluar dari PMKS PT. Langgak Inti Lestari (LIL) yang berlokasi di Desa Koto Tandun.

“Kami tak bisa mandi di Sungai, airnya menghitam. Kami menduga air sudah dicemari oleh limbah sawit,” kata Dedes, salah seorang warga Tandun.

Dugaan pencemaran sungai dilakukan oleh PMKS PT LIL ini sempat diposting salah seorang pengguna akun media sosial Facebook Anjas Ery, pada Senin (20/5) sekitar pukul 15.00 WIB sore kemarin.

Dalam postingannya, akun Anjas Ery menuliskan peninjauan sungai yang diduga tercemar limbah dari hasil produksi PT Langgak Inti Lestari (LIL).

Sementara, menanggapi adanya dugaan pencemaran aliran sungai oleh limbah itu, pihak perusahaan membantah. Bantahan itu disampaikan oleh Daeng Rizal merupakan pengacara PT LIL.

“Tidak benar ada limbah cair dari PMKS PT LIL diduga cemari sungai di wilayah Tandun. Itu berita hoax, yang ditautan Facebook itu beberapa bulan lalu bukan sekarang ini,” jelas Daeng, kepada wartawan, Selasa (21/5). =MX20



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook