BPK Riau Temukan Mark Up Pengadaan Meubeler SD se-Bengkalis

Minggu, 26 Mei 2019 - 00:00 WIB   [87 Klik]
Reporter : Fanny Rizano
Redaktur : Oce E Satria

BPK Riau Temukan Mark Up Pengadaan Meubeler SD se-Bengkalis


KORANMX.COM, PEKANBARU—BPK Perwakilan Provinsi Riau menemukan adanya kejanggalan dalam pekerjaan pengadaan meubeler SD se-Kabupaten Bengkalis pada tahun 2017 yang membebani keuangan daerah sebesar Rp902.160.000. Dalam temuan BPK Perwakilan Provinsi Riau itu, terdapat pemahalan harga (mark up) dalam pembelian meja dan kursi siswa, serta meja dan kursi guru sebesar Rp249.543.000.

Dari hasil pemeriksaan atas proses pekerjaan pengadaan meubeler itu, menunjukkan bahwa hal tersebut tidak sesuai ketentuan pengadaan barang/jasa pemerintah. BPK Perwakilan Provinsi Riau menyebutkan adanya ketidakcermatan dalam penyusunan HPS, proses pengadaan tidak sesuai ketentuan pengadaan dan terdapat pemahalan harga.

Atas hal tersebut, BPK merekomendasikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin agar memberikan sanksi sesuai ketentuan kepada Kelompok Kerja (Pokja) VI ULP yang diketuai oleh Emir Akhir Putra, yang tidak cermat dalam melakukan evaluasi lelang.

Tidak sampai di situ, BPK juga memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis supaya memberikan sanksi sesuai ketentuan kepada PPK yang kurang cermat dalam menyusun HPS. Selain itu, BPK juga memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis untuk memerintahkan PPTK dan PPK dalam pekerjaan pengadaan tersebut, mempertanggungjawabkan kelebihan pembayaran sebesar Rp249.543.000 dengan menyetorkannya ke kas daerah.

Terkait hal ini, tim koranmx.com mencoba menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura melalui nomor telepon. Namun berulang kali dihubungi, nomor yang bersangkutan tak kunjung aktif.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook