29 Imigran Bangladesh Diamankan dari 2 Tempat

Senin, 27 Mei 2019 - 15:58 WIB   [78 Klik]

29 Imigran Bangladesh Diamankan dari 2 Tempat

Puluhan WNA diamankan di Kantor Imigrasi.

PEKANBARU--Belum sempat mendapatkan pekerjaan, sebanyak 29 imigran asal Bangladesh, diamankan Imigrasi Pekanbaru, Jumat (24/5) lalu. Mereka diamankan dari dua tempat di Kecamatan Payung Sekaki.

‘’Mereka kita amankan sejak dua pekan terakhir,’’ ungkap Plt Kepala Kantor Imigrasi Wiyono melalui Kasi Wasdakim Oki Drajat didampingi Kasubsi Penindakan Yusron.

Informasi keberadaan imigran ini, sebut Yusron pertama kali didapat dari masyarakat yang melihat keberadaan warga asal Bangladesh tersebut.

‘’Mereka kita amankan karena khawatir keberadaan imigran itu mengganggu masyarakat,’’ kata Oki.

Hasil pemeriksaan diketahui memang para imigran itu memiliki paspor. Alasan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban umum, adalah penyebab mereka akan diproses deportasi.

Menurut Yusron, setelah mendapat informasi keberadaan imigran sebanyak 14 orang diamankan di salah satu rumah kontrakan di Jalan Gotong Royong, Labuhbaru Timur, Payung Sekaki.

Dari laporan warga, mereka resah melihat sejumlah lelaki berada dalam satu rumah dan sangat jarang keluar. ‘’Hal itu pula yang menjadi penyebab warga melaporkan keberadaan para imigran tersebut,’’ jelas Oki.

Kemudian, sebanyak 15 orang lainnya diamankan di salah satuperumahan di Kelurahan Labuhbaru Barat. ‘’Laporan masuk dari ketua RT. Atas laporan itulah kami mengamankan imigran Bangladesh tersebut,’’ jelasnya.

Dari pengakuan seluruh imigran tersebut, mereka tidak tahu akan pergi ke mana. Informasi awal lewat penjelasan mereka, karena mereka hanya ingin bekerja.

Sebanyak tujuh orang, sudah dideportasi melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, transit di Kuala Lumpur, Malaysia menuju negara Bangladesh. ‘’Secara bertahap kami akan deportasi lainnya, sehingga semua bisa kembali ke negaranya, masing-masing’’ sebut Oki.

Ditambahkan Yusron, para imigran ini ada yang datang dari Bali, Surabaya dan Bandung. ‘’Usia mereka rata-rata di atasi 20 tahun. Hanya satu yang berusia 19 tahun, itu pun karena ikut saudaranya,’’ tutup Yusron. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook