Buka Bersama PWI, Gubernur Ajak Bangun Riau

Kamis, 30 Mei 2019 - 16:49 WIB   [41 Klik]

Buka Bersama PWI, Gubernur Ajak Bangun Riau

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang menyerahkan hadiah doorprize kepada fotografer Pekanbaru MX Jajang Rahamdes dalam acara berbuka puasa PWI Riau dengan Gubernur Riau.

PEKANBARU--Tahun pertama perayaan buka puasa bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau dengan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, berlangsung begitu akrab, Rabu (29/5) sore di Balai Serindit, Gubernuran, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi dan jajaran lainnya, suasana penuh kekeluargaan.

Dengan mengharapkan berkah kegiatan, acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Yosi Okta SPdi dan sari tilawah Sobirin SH.

Selanjutnya, kegiatan dilakukan mempersilahkan ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang memberikan kata sambutan. Mengawali sambutannya, Zulmansyah Sekedang mengungkapkan ada tiga poin aspirasi yang dingin disampaikannya.

‘'Teman-teman wartawan berterimakasih, di mana sejak menjadi Gubernur, dalam masa 99 hari kerja gubernur sudah dua kali berkumpul bersama.Yang pertama di hari pers Nasional dan hari ini kita berbuka puasa,’’ kata Zulmansyah.

Poin kedua, yakni aspirasi para wartawan yang meminta mantan Bupati Siak itu menyampaikan program penting yang sudah dilakukan hingga 99 hari menjadi orang nomor satu di Riau.

‘’Teman-teman media sudah menunggu informasi nya pak. Karena sangat penting diketahui masyarakat program 100 hari kerja. Sehingga bisa dijadikan berita headline di halaman satu,’’ ungkap Zulmansyah.

Aspirasi ketiga, Zulmansyah menyampaikan nya sedikit tertawa, sebab lebih penting lagi kata ketua PWI. Karena Idul Fitri sudah dekat, teman-teman perusahaan pers mengatakan kerjasama publikasi dengan Pemprov Riau belum diselesaikan pembayarannya. ‘’Nanti kalau sudah cair pak, teman-teman pasti bisa beli baju raya,’’ kata Zulmansyah.

Zulmansyah juga menyampaikan, kegiatan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap bulan Ramadan. Selain silaturahmi di antara sesama wartawan, kegiatan berbuka puasa ini juga silaturahmi dengan Pak Gubernur dan Forkopimda. Karena Pak Gubernur dan Forkopimda adalah newsmaker dan narasumber utama kami.

‘’Teman-teman berharap, kalau PWI atau SPS mengadakan kegiatan Forkopimda bisa hadir menjelaskan kalau ada program-program penting yang ingin diketahui masyarakat banyak,’’ terang Zulmansyah.

Update terbaru saat ini, Zulmansyah mengatakan, jumlah anggota nya di PWI Riau sudah mencapai 1.030 orang. Kemudian, Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan buka puasa bersama ini bertujuan menambah ikatan persaudaraan. Bahkan agama Islam menuntut untuk terus menjaga silaturahim yang berkepanjangan.

‘’Pertama sekali saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan senior-senior dari PWI hadir pada acara berbuka puasa bersama ini. Juga tak lupa ucapan terima kasih kepada Forkopimda bisa hadir bersama kita,’’ ungkap Gubri.

Syamsuar menyikapi penyampaian Ketua PWI, mohon bantuan dari dinas instansi terkait dalam hal ini Dinas Infokom atau Biro Humas terhadap utang yang belum dibayar. Karena halalnya salaman itu, kalau selesai utang piutang.

‘’Kalau salaman, belum selesai utang piutang, itu belum bayar. Kan begitu, ada pula akadnya. Jadi mudah-mudahan karena masih ada hari hingga 31 Mei 2019, saya berharap kawan-kawan wartawan bisa dibantu,’’ kata Gubri.

Gubri menambahkan, tadi dirinya juga menerima aspirasi dari anggota PGRI terkait THR. Karena THR  ini ada aturannya. ‘’Tapi tadi saya sampaikan juga ada yang bisa dan ada yang tidak. THR kan ada aturan. Jadi tadi saudara-saudara kami guru ini membaca peraturan pemerintah berkaitan THR dengan gaji 13 ini kan beda,’’ katanya.

‘’Dia pikir itu masih peraturan pemerintah tahun 2018. Sementara peraturan pemerintah tahun 2019 beda lagi. Jadi saya bilang dengan amat menyesal, memang belum dapat kami akomodir. Karena peraturan untuk mengakomodir itu belum ada,’’ terang Syamsuar.

Di kesempatan itu, Gubri menaruh harapan kepada semua wartawan. Pertama mengucapkan terima kasih atas dukungan wartawan baik kepada Gubri maupun Wakil Gubernur Riau yang sekarang sudah memasuki 99 hari maupun juga untuk menciptakan suasana amam dan kondusif selama pelaksanaan pemilu. Tentunya ini tidak terlepas dari peran wartawan yang sangat membantu pemerintah sekaligus juga masyarakat Riau.

‘’Harapan kami ke depan, tentunya mari kita pelihara suasana aman dan kondusif ini. Dan juga sekaligus jika ada suasana yang kurang pada tempatnya, harapan kami wartawan dapat memberikan penjelasan setelah nanti menerima penjelasan-penjelasan dari pihak-pihak terkait,’’ ungkapnya.

‘’Baik berkaitan dengan KPU, Bawaslu atau mungkin pemerintah daerah, Kapolda dan sebagainya. Agar tentunya tidak terjadi suatu hal yang tidak kita harapkan, baik isu-isu yang menyebarkan berita bohong, berita fitnah, atau nanti menyebarkan isu-isu yang nanti tidak dapat dipertanggung jawabkan,’’ jelasnya.

‘’Jadi ini kiranya kami harapkan peran wartawan senantiasa dapat memelihara suasana aman, damai dan kondusif. Karena modal untuk membangun ke depan, suasana aman dan kondusif ini yang kita harapkan. Dan mudah-mudahan suasana ini selalu tercipta untuk Bumi Riau yang kita cintai ini,’’ tambah Syamsuar.

Dalam kegiatan buka puasa bersama PWI Riau ini, juga dilakukan pennyerahan bingkisan lebaran untuk anggota PWI Riau dan santunan kepada anak-anak yatim keluarga besar PWI Riau. Penyerahan bingkisan dan santunan ini langsung dilakukan oleh Gubri Syamsuar dan Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.

Buka bersama ini, tampak semakin semarak dan ramai dengan kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Uung Abdul Syakur, Sekretaris Daerah Riau Ahmad Hijazi, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, Kapentak Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri dan perwakilan Danrem 031 Wirabima serta SKK Migas Sumbagut, GM PGPA PT Chevron Sukamto Thamrin dan sejumlah kepala OPD di lingkup Pemprov Riau. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook