Minta Rekan Mereka Dilepaskan

Aksi Solidaritas Aktivis Nilai Tindakan Polres Kampar Tidak Tepat

Sabtu, 01 Juni 2019 - 20:09 WIB   [224 Klik]
Reporter : Aulia MH
Redaktur : Oce E Satria

 Aksi Solidaritas Aktivis Nilai Tindakan Polres Kampar Tidak Tepat


KORANMX.COM, KAMPAR- Sejumlah aktivis lintas organisasi mahasiswa Riau, memprotes tindakan aparat kepolisian yang menangkap rekan mereka, Dabson alias Sonny, pada Jumat (31/5/2019) malam kemarin.

Menurut Anton, rekan sesama aktivis Dabson, dirinya dan para aktivis akan melakukan aksi solidaritas, terhadap rekan mereka yang ditangkap dan masih menjalani pemeriksaan oleh Polres Kampar.

"Tuntutanya hanya meminta agar Dabson dilepaskan. Karena dia bukan teroris, tapi dia berjuang untuk hak-hak masyarakat yang diduga telah dizalimi pihak perusahaan," ungkapnya, kepada koranmx.com, Sabtu (1/6/2019) di Bangkinang.

Anton juga mengatakan, selama ini aksi yang dilakukan tidak ada yang anarkis serta membuat kerusuhan sesuai pasal 160 yang sangkakan. Malahan masyarakat duduk dengan tertib saat aksi.

"Jadi tidaklah tepat itu menjerat  mereka yang berjuang dan membela nasib masyarakat," tuturnya.

Sedangkan pasal 335, kata Anton jelas sudah dihilangkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Dengan demikian tidak ada dasar untuk menjerat rekannya.

"Karena mulai dari aksi di Pekanbaru dan di Tapung Hilir semuanya tidak ada yang membuat kerusuhan dan menimbulkan korban jiwa," sebutnya.

Selain itu ia mengklaim aksi solidaritas ini juga akan dihadiri masyarakat Desa Koto Aman, Kecamatan Tapung hilir, Kabupaten Kampar. "Karena itu kami mengharapkan kepolisian dan bapak Kapolres Kampar dapat berpihak kepada masyarakat yang sekarang menuntuk haknya," ucapnya.

Sebab, tandas Anton, masyarakat hanya menuntut hak mereka dan tidak akan pernah anarkis dalam setiap aksi apa pun.

Diberitakan sebelumnya, penangkapan Dabson terkait aksi masyarakat Desa Koto Aman, yang menutut pengembalian lahan seluas 1.500 hektar, yang termasuk dalam areal HGU PT. Sekar Bumi Alam Lestari (SBAL). ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook