Oknum LSM Peras Pengguna Narkoba

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:58 WIB   [149 Klik]

Oknum LSM Peras Pengguna Narkoba

Oknum LSM dan pelaku narkoba diamankan di Mapolres Pelalawan.

PELALAWAN--Berlagak seperti anggota Badan Narkotika Nasional (BNN), oknum LSM menangkap dua pelaku narkoba. Namun, bukannya diserahkan ke pihak berwajib, mereka malah meminta bayaran agar dilepaskan.

Beruntung, aksi mereka ketahuan polisi. Sehingga dilakukan penangkapan. Sedikitnya lima orang diamankan dalam kasus tersebut.

Tiga dari lima pelaku yang diamankan adalah TP alias PS (45), WG alias Sakti (50) dan AST (42). Mereka mengaku sebagai anggota LSM Gerakan Anti Narkoba (Gran BNN) dan juga wartawan.

Dua lagi, pelaku narkoba. Yakni, ABS alias Budi (30) dan DM alias Anto (30). Sekarang semuanya sudah diamankan di Mapolres Pelalawan.

Penangkapan itu berawal dari informasi adanya dugaan pemerasan terhadap pelaku narkoba di daerah Ukui yang menyebut nama BNN. Saat itu juga, tim gabungan dari Satres Narkoba dan BNNK Pelalawan turun melakukan penyelidikan,  Jumat (14/6) lalu sekitar pukul 10.00 WIB.

Tim yang dipimpin Kasatres Narkoba Polres Pelalawan Iptu Romi Irwansyah SH MH, berhasil menjumpai keluarga korban pemerasan di daerah Bukit Gajah, Kecamatan Ukui. Kala itu, mereka meminta untuk menghubungi pelaku pemerasan yang mengaku dari BNN tersebut.

Usai dihubungi via telepon seluler, mereka diminta untuk datang ke kantornya di daerah Sorek. Saat itulah tim gabungan dari Polres dan BNN bersama korban meluncur ke Sorek.

Alhasil, tiga orang diamankan petugas. Saat dilakukan pengeledahan, ditemukan uang tunai sebanyak Rp1 juta yang disimpan dalam kantong plastik di bawah meja. Diduga uang muka pemerasan sebesar Rp20 juta.  

Tujuh paket sabu juga ditemukan dalam tas sandang WG alias Sakti. Ketika diintograsi, barang bukti itu dari TP yang disita dari dua pelaku narkoba, yakni Budi dan Anto. Mereka menangkapnya pada Selasa (11/6) lalu di daerah Ukui. Modusnya mengaku sebagai anggota BNN.

Awalnya, anggota BNN gadugan itu meminta uang kepada kedua pelaku sebesar Rp20 juta. Hasil kesepakatan, dibayar sebesar Rp1 juta sebagai uang muka.

Selain mengamankan oknum LSM dan warawan itu, petugas juga mengamankan korban pemerasan. Pasalnya, mereka pelaku narkoba.

Atas perbuatannya, TP, WG dan AST dijerat dua pasal, yakni tentang pemerasan dan narkoba. Sedangkan dua pelaku narkoba yang sebelumnya korban pemerasan, dijerat UU RI Nomor 35 tahun 2009 tetang Narkotika.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irawan SIK kepada Pekanbaru MX, melalui Paur Humas Ipda Leonardo Sitanggang SH, membenarkan adanya penangkapan tersangka pemerasan pelaku narkoba yang melibatkan oknum LSM tersebut.

‘’Kini para oknum LSM yang melakukan pemersan dan dua pelaku narkoba telah diamankan untuk diproses lebih lanjut,’’ ujar Paur Humas. ***

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook