Seru! Touring Maxi Wisata Bakar Tongkang Bersama Alfa Scorpii

Jumat, 21 Juni 2019 - 12:12 WIB   [139 Klik]

Seru! Touring Maxi Wisata Bakar Tongkang Bersama Alfa Scorpii

Menyaksikan pesta budaya masyarakat Tionghoa Rokan Hilir, Bakar Tongkang yang menjadi even budaya kebanggaan Kabupaten Rohil. [Foto:Feri/MX]

Laporan: Zul Feri
Pekanbaru MX - Koranmx.com


TOURING telah menjadi kegiatan yang lekat dengan komunitas pencinta motor pabrikan Yamaha. Dan di Pekanbaru, komunitas motor Yamaha paling terkenal dan bergengsi, bernaung di bawah binaan PT Alfa Scorpii, main dealer Yamaha wilayah Riau dan Riau Kepulauan, aktif dalam kegiatan ini.

Rabu (19/6/2019) PT Alfa Scorpii kembali mewadahi para pengguna motor Yamaha NMax, melakukan touring bertajuk "Touring Maxi Wisata Bakar Tongkang" ke Kabupaten Rohil, di mana event budaya tradisional masyarakat Tionghoa tersebut berlangsung tiap tahun.

Kedatangan pengguna Maxi Yamaha bersama Alfa Scorpii ke Bagansiapiapi, ditujukan sebagai bentuk dukungan terhadap event nasional tahunan tersebut.

Seluruh peserta berasal dari berbagai wilayah di Riau. Rombongan touring ini bergerak dan melalui beberapa wilayah. Di antaranya Minas, Kandis, Duri, Ujung Tanjung, hingga tiba di Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil).

Dari Pekanbaru, peserta touring Wlwisata ke Kabupaten Rohil bergerak dari  dari titik kumpul di main dealer Yamaha Alfa Scorpii Wilayah Riau dan Kepri di  Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Rabu (19/6/2018) sekitar pukul 06.00 WIB. Selanjutnya  mengaspal menuju lokasi event bersama-sama. Touring Maxi Wisata Bakar Tongkang ini mendapatkan pengamanan dari Patwal Polda Riau. Membuat kami, peserta, merasa aman dan nyaman selama di perjalanan.

Selama di perjalanan, di setiap wilayah yang dilewati, para rider juga menyinggahi setiap dealer yang berada di bawah naungan Alfa Scorpii, baik pada saat pulang dan pergi. Sejumlah dealer disambangi seperti di daerah Kandis, Duri, Ujung Tanjung dan tentunya dealer di kota tujuan, Bagansiapiapi.

Mampir dan foto bersama dengan Tim Yamaha Bagansiapiapi, Rohil.

Sekitar pukul 13.30 WIB selepas Zuhur kami  sebanyak 36 rider, sampai di Kota Bagansiapiapi. Langsung menuju lokasi Festival Bakar Tongkang. Yang membuat suasana menjadi lebih menyenangkan adalah kedatangan kami disambut sekaligus  diiringi ke lokasi even oleh komunitas pengguna roda dua setempat. Terasa erat semangat persaudaraan sesama rider. Sambutan dari komunitas setempat sangat hangat, pantas mendapatkan acungan jempol.

Bahkan selama berada di Bagansiapiapi, tuan rumah atau komunitas setempat senantiasa menemani rombongan touring Maxi. Mereka rela mendampingi rombongan touring hingga saat datangnya malam. Semangat persaudaraan  di komunitas motor begitu terasa.

Mengingat tujuan utama rombongan touring dari Pekanbaru adalah menyaksikan kemeriahan Festival Bakar Tongkang, seluruh peserta saat itu langsung bergabung dengan masyarakat Tionghoa yang tengah melakukan arakan-arakan tongkang sampai ke lokasi ritual. Tak satu pun yang melewatkan moment demi moment festival.

Usai menyaksikan ritual bakar tongkang yang dihadiri oleh puluhan ribu orang dari berbagai daerah, dalam dan luar negeri dengan latar belakang beragam itu, peserta touring juga menyempatkan diri berfoto bersama di depan kobaran api replika tongkang. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan rolling city mengitari Bagansiapiapi hingga larut malam.

Perjalanan touring Maxi Yamaha menempuh waktu sekitar 14 jam terhitung sejak keberangkatan pada hari Rabu, dan kepulangan pada hari Kamis.

Yang penting dicatat selama touring ini adalah, seluruh unit Maxi Yamaha yang terdiri dari Nmax, XMax, Aerox dan Lexi yang ditunggangi terasa nyaman dan tangguh di segala medan, hingga membuat perjalanan panjang itu tak begitu terasa sulit.

Kekompakan peserta touring selama di perjalanan terasa sangat seru dan menyenangkan. Para rider dari komunitas Maxi Yamaha saling memerhatikan satu sama lain, saling menjaga keselamatan dan keamanan selama  berkendara.

Koordinator Divisi Promosi Yamaha PT Alfa Scorpii Pekanbaru, Hermanto mengatakan, touring wisata telah menjadi agenda rutin Yamaha Alfa Scorpii dengan mengajak komunitas-komunitas pengguna sepeda motor Yamaha. Tidak hanya untuk kegiatan bakar tongkang, namun juga untuk event-event pariwisata lainnya di Provinsi Riau, seperti Pacu Jalur.

"Touring wisata ini selalu didukung penuh  oleh komunitas motor Yamaha yang ada di kota Pekanbaru. Kali ini untuk acara bakar tongkang Alfa Scorpii mengajak komunitas Maxi, di antaranya NR Pekanbaru, GTR, YMR, ILC dan beberapa komunutas lainnya,"  ungkap Anto.

Anto menerangkan, tujuan Touring Maxi  Wisata Bakar Tongkang juga sebagai upaya membuktikan kepada masyarakat bahwa kendaraan Maxi yang terdiri dari NMax, Aerox Lexi, dan XMax sangat nyaman meski digunakan untuk perjalanan jauh.

"Jarak tempuh kita 14 jam pulang pergi, dengan medan yang beragam, ada yang cukup sulit medannya, tapi nyaman melewatinya dengan Maxi," jelasnya.

Juli Nanti Touring Lagi

Dan setiap pergelaran touring wisata, Alfa Scorpii mengajak komunitas yang berbeda-beda. Biasanya koordinasi selalu dilakukan untuk mencari komunitas yang benar-benar siap untuk pergi touring

"Juli 2019 kita akan ada touring wisata lagi, yakni bersama Mio S ke Danau Takajuik, Pelalawan. Yang akan pergi komunitas Mio S dan konsumen. Kegiatan touring dari Yamaha akan selalu ada setiap bulan," sebut Anto.

Belum cukup, dalam waktu dekat, kata Anto, Alfa Scorpii juga akan menggelar final lomba irit satu liter Yamaha Mio S. Telah terpilih 4 daerah sebagai finalis yakni Pelalawan, Teluk Kuantan, Pekanbaru, dan Dumai.

"Akan dicari satu pemenang dengan hadiah satu unit Yamaha Mio S. Masyarakat Riau bisa jadi saksi event ini di Giant Panam. Membuktikan bawah Mio S lebih irit dan tangguh," terangnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook