Tidak Pernah Ikut Memadamkan Karhutla

Kapolsek Kecewa dengan BPBD dan Manggala Agni

Jumat, 05 Juli 2019 - 15:52 WIB   [27 Klik]

KUBU—Kapolsek Kubu AKP Syofyan mengaku kecewa dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hilir (Rohil) dan tim Manggala Agni. Sebab, instansi tersebut dinilainya tidak respon dengan bencana kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang terjadi di Kecamatan Kubu.

Sejak hari ke-10 melakukan pemadaman, tak sekalipun nampak intansi terkait itu turun ke lapangan ikut melakukan pemadaman api. Sementara aparat kepolisian terus berupaya melakukan pemadaman dan pendinginan di lahan gambut yang terbakar.

‘’Ini sudah hari kesepuluh kita melakukan pemadaman api. Tapi, BPBD dan Manggala Agni sama sekali tidak pernah ikut turun melakukan pemadaman api,’’ tegas Kapolsek Kubu AKP Syofyan, Rabu (3/7).

Kapolsek menjelaskan, selain dua instansi terkait yang tidak pernah turun, pemerintah kecamatan juga dinilai apatis. ‘’Tolonglah agar tidak apatis dalam karhutla ini. Karhutla ini tidak bisa dipandang sepele,’’ terangnya.

Kapolsek mengakui, Masyarakat Peduli Api (MPA) Kepenghuluan Sungai Segajah dan Tanjung Leban ikut turun ke lapangan, namun itupun tidak efektif. “Tim MPA ada ikut melakukan pemadaman api, tapi tidak efekif juga.

Alasan mereka (MPA) dana operasional mereka tak cair, sehingga untuk makan saja berutang-utang,’’ ujarnya.

Ia menegaskan, kebakaran lahan tidak hanya tanggung jawab polisi. Akan tetapi intansi terkait dan masyarakat memiliki kewajiban yang sama.

‘’Ke mana pemerintah setempat? Kebakaran ini tidak hanya tanggung jawab polisi, kita berharap kepada Pak Bupati agar dapat memperhatikan kondisi ini,’’ pungkasnya. =mx/pr



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook