Komunitas Sarana Meluruskan Imej Negatif Biliar

CBP Rangkul Pencinta dan Rumah Billiar se Pekanbaru

Sabtu, 06 Juli 2019 - 12:18 WIB   [54 Klik]

CBP Rangkul Pencinta dan Rumah Billiar se Pekanbaru


KORANMX.COM, PEKANBARU -- Olahraga bola sodok atau yang lebih dikenal dengan biliar memang  sangat mengasyikkan bagi penggemarnya. Karena olahraga ini membutuhkan konsentrasi, kesabaran, kecermatan bahkan tipu daya dalam bermain demi mengalahkan lawan.

 

Dilihat dari cara bermainnya, memang tidak semua orang juga bisa dan mampu bermain billiar ini, meski di lihat gampang. Hanya saja sayangnya sampai saat ini masih ada sebagian masyarakat yang memandang negatif dengan olahraga billiar ini, karena identik dengan ajang perjudian, tempat nongkrong malam dan lainya.

Guna menepis pandangan tersebut pencinta maupun peminat biliar Kota Pekanbaru membentuk sebuah komunitas bernama Community Biliard Pekanbaru (CBP) yang akan mewadahi pecinta biliar beserta rumah biliar yang ada di Pekanbaru.

Komunitas ini digagas oleh pecinta biliar secara bersama, yaitu sekitar 2 Juni 2019 lalu, dengan menyerahkan tampuk komando kepada seorang Perwira Polri yang juga pencinta olahraga biliar yaitu, Kompol Suprianto.

Menurut, Suprianto, misi dan tujuan utama komunitas ini, selain sebagai wadah bagi pecinta biliar dan rumah biliar juga menjadi sarana dalam meluruskan imej olahraga biliar dari pandangan negatif yang programnya lewat berbagai kegiatan positif secara rutin, kegiatan turnamen, diskusi seputar biliar dan juga perkembangan komunitas, hingga menggelar event kejuaraan lokal maupun nasional.

"Tidak hanya itu, berbagai kegiatan sosial pun dilakukan, seperti meberikan sumbangan dan bentuk lainya kepada masyarakat," kata Supriadi di sela-sela rapat persiapan turnamen di rumah Biliar Centre, Jumat (5/7), di Jalan Subrantas Pekanbaru, yang juga dihadiri Mantan Ketua POBSI Pekanbaru, yang juga Sekretaris I KONI Kota Pekanbaru, H Zulkarnaen Lubis, pembina serta pengurus komunitas.  

Ia menjelaskan, untuk prestasi anggota komunitas ini mukai terus menujukan perkembangan baik. Hal itu dibuktikan melalui beberapa penghargaan yang di raih dalam ajang pertandingan. Mulai dari tingkat pemula hingga senior yang tergolong dalam handicap.  "Bahkan dari anggota komunitas CBP ini, sudah merupakan atlit perwakilan Riau untuk berbagai even dintingkat nasional, seperti Kejurnas, PON dan lain-lainya," ujarnya.

Yang pasti, ia berharap komunitas CBP ini bisa disambut baik dan dapat didukung semua kalangan sebaga pencipta olahraga. Terutama dukungan moral dalam meluruskan biliar dari olahraga yang selama ini dipandang negatif.

"Untuk komunitas ini kita juga terbuka dan tampa membeda-bedakan. Komunitas siap menerima yang ingin bergabung dengan tujuan sama-sama membesarkan komunitas sesuai misi pembentukan komunitas," tuturnya.

Kehadiran CBP ini, mendapat sambutan dan dukungan baik dari Sekretariat I KONI Pekanbaru, yang juga mantan Ketua POBSI Pekanbaru, H Zulkarnaen Lubis, bahkan ia menyatakan sangat mendukung terbentuknya komunitas biliar Pekanbaru ini, karena komunitas ini bisa menjembatani para generasi pencinta olahraga billiar.

Tambah lagi katanya, untuk membesarkan olahraga biliar ini juga sangat dibutuhkan adanya komunitas, karena komunitas lah yang lebih paham dengan atlit olahraga tersebut.

"Yang pasti dengan adanya komunitas billiar ini, saya berharap billiar di Riau, khusunya Kota Pekanbaru terus makin besar dan sukses. Karena untuk olahraga billiar ini sebelumnya Riau miliki prestasi luar biasa yang sudah  mengharumkan nama daerah," katanya.

Selaku mantan ketum Pobsi Pekanbaru, katanya, ia berpesan Community Billiard Pekanbaru bisa terus berkiprah kemana saja, dan tidak hanya sebatas komunitas biasa-biasa saja. karena dengan fakumnya kepengurusan Pengprov Pobsi dan Pengkot Pobsi lahir komunitas pecinta billiar demi menyelamatkan olah raga ini di pekanbaru dan Riau umunnya.

"Saya berharap komunitas CBP ini diurus lengkap dengan perijinan yg resmi dengan AD/ART agar lebih jelas kedudukannya dan dapat menyuarakan keinginan-keinginan atlet dan club billiar lebih bagus," tuturnya.

Selain itu, ia juga berharap permasalahan Pengprov segera direspon PB POBSI dengan menunjuk Caretaker. Dan juga memgajrapkan komunitas bisa berperan serta dan ikut andil untuk menyelesaikan dengan bermohon ke PB POBSI agar segera bersikap," tutupnya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook