Mantan Analisis Kredit BJB Kembali Dipanggil

Minggu, 07 Juli 2019 - 16:03 WIB   [69 Klik]

Mantan Analisis Kredit BJB Kembali Dipanggil


PEKANBARU—Untuk kesekian kalinya, Kejaksaan Negeri Pekanbaru kembali memanggil mantan Analisis Kredit Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Kota Pekanbaru Indra Oesmar Gunawan Hutahuruk. Pemanggilan terhadapnya dalam rangka penyelidikan dugaan korupsi dalam pengalihan agunan kredit di bank plat merah milih Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) tersebut.

“Iya kita panggil lagi dia (Indra). Jadwalnya hari, Rabu (10/7),” ucap Kepala Seksi (Kasi) Pidsus Kejari Pekanbaru Yuriza Antoni SH saat dikonfirmasi Pekanbaru MX, Ahad (7/7).

Diketahui, Indra sudah beberapa kali dipanggil jaksa Pertama, Kamis (13/6) lalu. Saat itu Indra memang memenuhi panggilan jaksa, namun saat dikonfirmasi oleh Pekanbaru MX terkait proses pemanggilan itu, Indra menolaknya.

Kemudian, Jumat (28/6) lalu, jaksa kembali memanggil Indra. Namun saat itu yang bersangkutan mangkir tanpa ada keterangan atau konfirmasi alasan ketidakhadirannya.

Terkait hal ini, ditambahkan Yuriza, pihaknya masih terus menggali keterangan dari Indra terkait dugaan korupsi dalam pengalihan kredit tersebut. “Ya, keterangan Indra ini sangat dibutuhkan. Karena saat itu, yang bersangkutan analis kreditnya,” tambahnya.

Dalam penyelidikannya, jaksa telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pihak dari BJB Kota Pekanbaru. Di antaranya, Kepala Cabang BJB Kota Pekanbaru Rachmat Abadi dan mantan Manager Komersial BJB Kota Pekanbaru Robby Arta.

Berdasarkan informasi yang dirangkum, dalam pengalihan agunan kredit itu, diduga pihak BJB Cabang Kota Pekanbaru melakukannya sepihak, tanpa sepengetahuan sang debitur.

Adapun nilai agunan kredit yang dialihkan tersebut diduga sebesar Rp2 miliar, yang dicairkan pada tahun 2014 lalu. Di tengah jalan, agunan itu dialihkan ke pihak lain. =MX10



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook