Ketua KI Riau Minta Walikota Tegur Sekda Pekanbaru

Senin, 08 Juli 2019 - 10:31 WIB   [37 Klik]

Ketua KI Riau Minta Walikota Tegur Sekda Pekanbaru

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Zufra Irwan SE

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Zufra Irwan SE minta Walikota Firdaus MT menegur Sekda Pekanbaru Drs M Noer selaku atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi  (PPID) Utama Pekanbaru. Penyebabnya, karena PPID Pekanbaru terlalu sering mangkir hadir di persidangan sengketa informasi di KI Riau.

"Kita berharap PPID Utama Pekanbaru lebih menghargai proses persidangan penyelesaian sengketa informasi di KI Riau," kata Zufra Irwan kepada wartawan Sabtu (6/7) di Pekanbaru.

Dari catatan Ki Provinsi Riau, ungkap Zulfra, sejak Januari 2019 sudah beberapa kali PPID Pekanbaru tidak menghadiri proses persidangan. Bahkan dalam pekan ini ada beberapa persidangan yang tidak dihadiri. "Sepertinya walikota perlu lebih mengawasi kinerja PPID Utama Pekanbaru," ujarnya.

Menurut Zufra Irwan, proses dan kedudukan persidangan penyelesaian sengketa informasi oleh KI setara dengan persidangan peradilan umum.

"Karena itu, kalau sudah sampai bersengketa soal informasi publik di KI Riau, kita minta PPID untuk mengikuti prosesnya dengan baik," kata Zufra mengingatkan.

Dijelaskan Zufra, perlunya walikota menegur Sekda Pekanbaru selaku atasan PPID Utama Pekanbaru karena untuk menghadiri proses menyelesaian sengketa informasi di KI, tidak harus Sekda selaku atasan PPID Utama.

"Atasan PPID bisa memberikan kuasa secara khusus ke Bagian Hukum di PPID, juga ada pejabatnya ada stafnya. Bisa juga dari OPD  yang berkaitan langsung dengan pokok sengketa informasi," jelas Zufra.

Lebih dari itu, kata Zufra, jika para pihak terutama PPID bisa mematuhi jadwal persidangan di KI dengan baik, tidak hanya sekadar memperlancar proses penyelesaian sengketa informasi di KI, akan tetapi hak-hak masyarakat sebagai pemohon informasi bisa segera terjawab dan terselesaikan, dengan cepat, mudah dan biaya murah.

Lebih dari itu, Ketua KI juga berharap kepada Sekda selaku atasan PPID Utama lebih sering memantau dan mengawasi kinerja PPID. Ditegaskan Zufra, mestinya jadi perhatian walikota kenapa PPID kok sering bersengketa soal informasi ke KI Riau

"Apakah PPID sudah melayani masyarakat dengan baik ketika ada yang memohonkan informasi. Apakah PPID sudah menjalan kewajiban dengan baik, seperti mengumumkan atau memberitahu tatacara dan prosedur permohohan informasi?" ucapnya.

Karenanya, Zufra berharap PPID Utama, merespon dengan baik masyarakat pemohon informasi. " Ya, lebih responsif dan edukatiflah, agar masyarakat juga paham dengan prosedur yang ada di PPID," tandas Zufra. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook