Tim Gabungan Pemko, Potong Kanopi Ruko

Senin, 08 Juli 2019 - 15:33 WIB   [45 Klik]

Tim Gabungan Pemko, Potong Kanopi Ruko

Para petugas menurunkan kanopi ruko, yang dianggap menyalahi aturan..

PEKANBARU—Tim gabungan antara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pekanbaru, melakukan penertiban kanopi toko yang memakan Daerah Milik Jalan (DMJ) disepanjang Jalan Jenderal Sudirman.    

Pantauan Pekanbaru MX di lapangan, pada Senin (8/7), kegiatan penertiban kanopi Ruko yang berada di daerah milik jalan, dimulai sekitar pukul 10.00WIB dengan melibatkan 30 orang personel Satpol PP, dan sejumlah petugas PUPR Pekanbaru.     

Titik awal penertiban dimulai dari beberapa ruko yang berada di Jalan Sudirman ujung, tepat di samping Mal Pekanbaru (MP), hampir tidak ada perlawanan dari pemilik ruko dalam pembongkaran kanopi itu.    

Para petugas tampak memotong kanopi dengan peralatan las listrik, dan pemotong besi, ada juga dari beberapa ruko yang ditertibkan melakukan pemotongan kanopi sendiri.     

Kadis PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut, penertiban kanopi ruko yang berada di DMJ ini, merupakan tindak lanjut dari protes masyarakat, karena dianggap PUPR tidak menegakkan sesuai aturan yang ada.     

‘’Kita lakukan pemotongan kanopi, karena protes masyarakat kepada kita, seolah-olah kita tidak menegakkan aturan yang ada, jadi saat ini kita lakukan pemotongan bersama Satpol PP,’’ ungkapnya.    

Indra menyebut ada sekitar 30 ruko yang akan ditertibkan kanopi nya, karena dianggap telah menyalahi aturan, karena aturan nya pemilik bangunan hanya bisa menggunakan Garis Sempadan Bangunan (GSB) 2,5 meter.    
 ‘’Untuk hari ini ada sekitar 30 ruko yang akan kita tertibkan, mulai dari Sudirman ujung, Jalan Hangtuah, dan Pangeran Hidayat. Mereka sudah melewati GSB yang aturannya hanya diperbolehkan 2,5 meter,’’ terangnya.     

Di tempat yang sama, Kasatpol PP Pekanbaru Agus Pramono, juga mengatakan, bahwa penertiban kanopi itu, tidak lain karena menyalahi aturan.    

‘’Kita potong semua kanopi yang melewati garis sudut bangunan yang telah ditentukan 2,5 meter, karena keberadaan kanopi sudah di daerah milik jalan,’’ tegasnya.     

Sementara Agus mengakui telah memberikan surat peringatan kepada pemilik ruko jauh sebelum melakukan penertiban itu, agar pemilik ruko memotong kanopi mereka yang melewati batas yang telah ditentukan.    

‘’Mereka sudah kita berikan peringatan sebelumnya, untuk memotong sendiri, jangan lagi sampai melewati batas, tapi kan tidak juga dilaksanakan, hari ini kita yang potong sendiri,’’ jelas Agus Pramono.

Agus juga menyebut, dalam penertiban ini bukan semena-mena begitu saja, semua ini berdasarkan peraturan daerah untuk ketertiban dan keindahan Kota Pekanbaru.

Seluruh kanopi yang disita dari pemilik Ruko, dibawa dan diamankan petugas ke kantor Dinas PUPR Pekanbaru. =MX23



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook