Gubernur Pecat 2 ASN Korupsi, Lainnya Menyusul

Senin, 08 Juli 2019 - 16:33 WIB   [82 Klik]

Gubernur Pecat  2 ASN Korupsi, Lainnya Menyusul


PEKANBARU--Sempat ditegur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Gubernur Riau Syamsuar akhirnya bertindak dan memecat dua orang aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti melakukan pidana korupsi.  Pemberhentian ini dilakukan setelah Syamsuar mendapatkan surat teguran I dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafrudin.

Informasi ini disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Trimo Setiono. Setelah teguran itu, kata dia, gubernur langsung meneken surat pemecatan tersebut.

‘’Setelah ditegur, surat pemecatan langsung ditandatangani Pak Gubernur,’’ ungkap Trimo Setiono, yang saat dihubungi mengaku sedang dalam perjalanan, Senin (8/7) siang.

Surat itu, ditandatangani pada Kamis (4/7) lalu. Setelah itu, surat tersebut langsung dikirimkan ke yang bersangkutan dan kepada BKN, kemudian diteruskan ke Menpan-RB.

‘’Jadi dua ASN tersebut sudah diberhentikan dengan tidak hormat sejak Kamis lalu,’’ beber Trimo Setiono.

Sebelumnya, saat ditanya wartawan perihal dua ASN tersebut  Syamsuar mengaku tidak tahu dan kaget kalau ada dua anak buahnya yang terlibat kasus korupsi dan sudah divonis.

"Siapa itu ya, dua ASN yang terlibat korupsi tapi belum dipecat. Nanti saya cek dulu ya siapa dua orang itu, saya pun tidak tahu," kata Gubri usai menghadiri acara di Universitas Muhammad Riau (UMRI), Kamis (4/7).

Saat ditanyakan apakah dia sudah menerima surat teguran dari Mendagri, mantan Bupati Siak ini juga mengaku belum menerima surat teguran tersebut. Sehingga dia belum bisa berkomentar banyak perihal teguran tersebut.

"Saya belum tahu ini, kalau memang masih ada ASN yang terlibat korupsi akan segera dipecat. Kalau tahu dari dulu juga sudah dipecat, saya cek dululah ya," sebutnya.

Terkait proses pemecatan terhadap ASN lainnya yang terlibat perkara serupa, Trimo Setiono menyebutkan, masih berproses terhadap beberapa ASN di pemerintahan Provinsi Riau.

Dia mencontohkan, proses pemecatan juga sedang dilakukan terhadap beberapa dokter yang diduga tersangkut korupsi. Kemudian, kepada pejabat yang tersangkut dugaan korupsi pipa transmisi di Inhil. ‘’Untuk ASN yang lain, saat ini masih berproses,’’ ungkapnya.

Ditanya siapa saja ASN yang dipecat dan dalam proses pemecatan itu, Trimo Setiono mengaku tidak mengetahui pasti. Yang jelas, sambung dia, proses terus dilakukan. ‘’Saya kurang ingat ya nama-namanya,’’ singkat Trimo Setiono. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook