Korupsi Pengadaan Lahan Pelabuhan Dorak

Dugaan Keterlibatan Bupati Meranti Dievaluasi

Selasa, 09 Juli 2019 - 13:42 WIB   [129 Klik]

Dugaan Keterlibatan Bupati Meranti Dievaluasi


PEKANBARU—Korupsi pengadaan lahan dalam pembangunan Pelabuhan Dorak telah menjerat beberapa orang, termasuk mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Zubiarsyah. Terkait keterlibatan pihak lainnya, termasuk Bupati Kepulauan Meranti, pihak kejaksaan tengah melakukan evaluasi.

Dalam kasus ini, empat orang telah dinyatakan bersalah. Selain Zubiarsyah, ada nama Suwandi Idris yang saat itu menjabat Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kepulauan Meranti, kuasa pemilik lahan Abdul Arif dan Mohammad Habibi yang merupakan PPTK dalam pengadaan lahan tersebut. Keempatnya pun telah dinyatakan bersalah.

Terkait hal ini, Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir pernah menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Namun untuk keterlibatannya masih didalami.

“Kasus Dorak ya, saya belum tahu,” kata Asisten Pidsus Kejati Riau Subekhan SH MH. “Nanti saya evaluasi dulu perkaranya. Kasus lama ya,” sambungnya.

Dalam kasus pembebasan lahan Pelabuhan Dorak, diduga negara dirugikan sebesar Rp2.185.062.000. Adapun modus korupsi pembebasan lahan pembangunan pelabuhan untuk kargo dan penumpang adalah dengan membeli dua bidang tanah melalui broker. Belakangan itu diketahui tanah tersebut bersengketa.

Pengadaan ganti rugi lahan pelabuhan tersebut diduga bermasalah. Selain itu, sampai saat ini pelabuhan tersebut tidak bisa dikuasi pemerintah karena lahannya bersengketa. Hingga saat ini proyek multi years yang menggunakan dana APBD Pemkab Meranti Rp2,2 miliar terbengkalai. =MX10



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook