KPK: Bukan Mangkir, Ada Pemberitahuan

Pemeriksaan Bupati Meranti Dijadwalkan Kamis

Rabu, 10 Juli 2019 - 12:55 WIB   [34 Klik]

Pemeriksaan Bupati Meranti Dijadwalkan Kamis


PEKANBARU—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir batal diperiksa, Selasa (9/7). Batalnya diperiksa orang nomor 1 di Kepulauan Meranti itu dikarenakan yang bersangkutan tidak hadir memenuhi panggilan penyidik.

Hal ini dikatakan Juru Bicara (Jubir) KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi Pekanbaru MX, Rabu (10/7) siang. “Iya, yang bersangkutan (Irwan Nasir) memberitahukan bahwa kemarin (Selasa) tidak bisa hadir. Pemberitahuannya ada, bukan mangkir,” ucapnya.

Dengan batalnya pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Riau Partai Amanat Nasional (PAN) itu, ditambahkan Febri, penyidik kembali mengagendakan ulang untuk pemeriksaannya. “Dijadwalkan hari Kamis (11/7) ini pemeriksaannya di KPK,” tambahnya.

Untuk diketahui, Irwan Nasir dipanggil penyidik KPK sebagai saksi dalam perkara dugaan suap dan gratifikasi dengan tersangka anggota DPR RI  Bowo Sidik Pangarso, Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Asty Winasti dan tersangka Indung.

Terseretnya nama Irwan Nasir dalam kasus tersebut, dikarenakan uang yang diduga suap dan gratifikasi tersebut, salah satunya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kepulauan Meranti. Yang mana, tersangka Bowo diduga menerima suap sebanyak Rp1,6 miliar. Sedangkan dugaan gratifikasinya, Bowo diduga menerima Rp6,5 miliar.

Suap dan gratifikasi itu, untuk membantu PT HTK agar mendapatkan perjanjian penggunaan kapal-kapalnya untuk distribusi pupuk dari PT Pupuk Indonesia Logistik (Pilog). =MX10



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook