182 Pelanggaran Pemilu Terjadi di Riau

Mabes Polri Sambangi Bawaslu Riau, Bahas Pidana Pemilu

Kamis, 11 Juli 2019 - 16:59 WIB   [40 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Mabes Polri Sambangi Bawaslu Riau,  Bahas Pidana Pemilu

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan menerima rombongan dari Mabes Polri di ruang kerjanya, Kamis (11/7/2019) (Foto : Istimewa)

KORANMX.COM, PEKANBARU--Sebanyak 182 pelanggaran pidana Pemilu terjadi di Riau di tahun 2019. Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan SAg MPdI dihadapan rombongan tamu dari Bareskrim Mabes Polri saat berkunjung ke kantornya, Kamis (11/7/2019) siang. 

Selain 4 orang dari Bareskrim Polri, anggota kepolisian yang tergabung dalam sentra Gakkumdu Provinsi Riau juga tampak hadir. 

Rombongan yang dipimpin Kanit I Subdit II Dit Tipidum Mabes Polri, AKBP Wagino SH disambut langsung Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan di depan pintu masuk kantor sekretariat. Pertemuan yang berlangsung sekitar hampir satu jam itu berlangsung di ruang kerjanya guna membahas pelanggaran pidana Pemilu yang sudah atau masih dalam proses hukum. 

"Secara umum, jumlah pelanggaran pidana Pemilu tahun ini sebanyak 182 perkara, terdiri dari 97 dari temuan Pengawas dan 85 pelanggaran lainnya berasal dari laporan masayarakat dan peserta pemilu," kata Rusidi di hadapan tamu dari Mabes Polri. 

Dia menjelaskan, terhadap dugaan pelanggaran pidana yang sudah ataupun masih dalam proses penanganan sentra Gakkumdu se-Riau, terdapat 12 Laporan dan temuan yang sudah sampai proses penyidikkan hingga putusan di pengadilan.

Dari 12 Laporan tersebut, berkembang menjadi 16 Putusan di pengadilan. Adapun16 Putusan tersebut dengan keterangan 3 pelanggaran Pidana vonis bebas dan 13 pelanggaran vonis pidana.

Selain itu, Rusidi menjelaskan bahwa jumlah terdakwa dari 16 putusan tersebut ada sebanyak 18 orang dengan rincian 15 orang terpidana dan 3 orang dari 1 putusan yang belum inkrah. 

"Satu putusan itu berada di Kabupaten Indragiri Hulu, dimana terdakwa mengajukan banding putusan pengadilan Negri (PN) Rengat ke PN Pekanbaru," ucapnya. 

Diakhir kunjungan, Rusidi menyampaikan terimakasih, kepada rombongan yang telah menyempatkan waktu mengunjungi sekretariat Bawaslu Riau. 

"Ini bukti sinergitas antara Polri dan Bawaslu," pungkasnya. (rls) 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook