Sosialisasi Sertifikasi Profesi Perbankan di Susiana Tabrani Convention Hall

Sertifikasi untuk Memastikan Kualifikasi dan Kemampuan

Rabu, 17 Juli 2019 - 01:13 WIB   [92 Klik]

Sertifikasi untuk Memastikan Kualifikasi dan Kemampuan

Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini SSi MSc PhD menyerahkan cinderamata kepada Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kantor Wilayah Riau Yusri, didampingi pimpinan perbankan se-Riau.

PEKANBARU—Universitas Abdurrab dan STEI Iqra Annisa bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan Indonesia mengadakan sosialisasi sertifikasi profesi perbankan. Kegiatan dilaksanakan, Rabu (17/7) bertempat di Susiana Tabrani Covention Hall, Jalan Bakti, Pekanbaru.

Hadir stakeholders di wilayah Riau dan Sumatra Barat yang terdiri dari praktisi perbankan, akademisi dan mahasiswa di bidang yang relevan. Hadir pula pembina Yayasan Abdurrab beserta jajarannya dan rektor dari universitas-universitas se Provinsi Riau.

Dr dr Susiana Anggraini binti Tabrani  MPd selaku Pembina Yayasan Abdurrab menyampaikan apresiasi kepada LSPP yang telah memilih Universitas Abdurrab sebagai lembaga mitra untuk pelaksanaan sertifikasi di bidang profesi perbankan di wilayah Riau. Menurutnya, hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi Universitas Abdurrab.

“Kami yayasan akan terus mensupport seluruh upaya Universitas Abdurrab mencapai visi yang telah ditetapkan, terutama dalam mempersiapkan sarana dan prasarana. Salah satunya adalah penyediaan convention hall yang berstandar internasional untuk mewadahi event-event akademik yang dilaksanakan universitas,” ujar Susiana dalam sambutannya.

Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini SSi MSc PhD mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan peserta sosialisasi. “Beberapa hari lalu kami dipercaya oleh Kemenristekdikti menjadi tempat uji kompetensi untuk tenaga kesehatan. Hari ini Insya Allah kami akan bekerjasama pula dengan LSPP untuk menjadi tempat sertifikasi profesi perbankan, khususnya untuk wilayah Riau. Keberadaan sarana dan prasarana yang mumpuni merupakan hal utama dalam kerja sama ini,” ujar Susi Endrini.

Dia juga mengucapkan sangat berterimakasih atas support yayasan yang sangat kuat. “Termasuk dengan keberadaan Susiana Tabrani Convention Hall yang megah ini,” lanjutnya.

Dengan ditunjuknya Universitas Abdurrab sebagai mitra untuk pelaksanaan Sertifikasi Profesi Perbankan Indonesia, mudah-mudahan dapat mempermudah para praktisi, akademisi serta stakeholders lainnya yang memerlukan sertifikasi ini.

Acara dibuka oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kantor Wilayah Riau Yusri, dilanjutkan dengan sosialisasi terkait sertifikasi profesi perbankan yang langsung disampaikan oleh Direktur Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan Indonesia Marcus S Raharjo.

Dalam pemaparannya, Marcus menyampaikan berbagai landasan hukum terkait pentingnya sertifikasi profesi perbankan ini. Pemaparan detil disampaikan terkait proses pelatihan dan ujian sertifikasi.

“Sertifikasi untuk memastikan orang-orang yang menduduki jabatan di perbankan sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya. Ini sudah standarnya. Sehingga kita perlu sosialisasi ke seluruh daerah di Riau. Dalam sertifikasi ini ada 9 bidang standar yang harus dikuasai para pemegang jabatan di perbankan," ungkap Marcus.

Sementara itu, Kepala OJK Yusri berharap dengan adanya kerjasama antara LSPP dengan Universitas Abdurrab terkait pelaksanaan sertifikasi kepada perbankan, dapat berjalan lancar.  “Kami memiliki 31 BPR. Hampir seluruh perbankan di Indonesia memiliki kantor cabang di Riau. Dan untuk beberapa wilayah yang ada di seputaran Riau yakni Sumbar, Sumut, Kepri dan Aceh, ada lebih kurang 249 BPR dan BPRS. Tentunya dengan kehadiran dan kerja sama LSPP dengan Univrab juga akan memudahkan teman-teman perbankan kami yang ada di beberapa provinsi yang saya sebutkan tadi, melakukan sertifikasi profesi bagi calon-calon direksi, komisaris dan pendidikan bagi direksi,” jelasnya.

Dia meyakini, jika ini bisa berjalan dengan baik, tentunya akan dapat bermanfaat untuk teman-teman perbankan di Pekanbaru dan Riau khususnya. Yusri berharap, pelaksanaan ini didukung kalangan perbankan. Jika melakukan sertifikasi di tempat lain akan memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

“Sertifikasi ini sangat harus dilakukan bagi teman yang ingin menjadi pengurus. Kami perbankan membutuhkan tenaga-tenaga yang baik untuk mendukung perbankan. Perbankan harus dikelola orang-orang yang mumpuni dan memiliki kemampuan di bidangnya," singkatnya.

Hadir juga pada acara itu pimpinan-pimpinan perbankan di wilayah Pekanbaru dan juga asosiasi-asosiasi perbankan. =MX11



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook