10 Lulusan Terbaik Gratis UKW

110 Wartawan Ikuti Tes Calon Anggota PWI

Sabtu, 20 Juli 2019 - 20:12 WIB   [116 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

110 Wartawan Ikuti Tes Calon Anggota PWI

Ratusan wartawan mengikuti orientasi

KORANMX.COM,PEKANBARU--Sebanyak 110 wartawan dari berbagai media mengikuti orientasi dan tes calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2019. Bertempat di gedung PWI Provinsi Riau, Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, Sabtu (20/7/2019). 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari 20-21 Juli 2019 tersebut dibuka langsung Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang. 

Ketua Panitia Orientasi dan Tes Calon Anggota PWI Riau, Novrizon Burman mengatakan tes calon anggota PWI kali ini diikuti 110 peserta dan sebagian besar berasal dari Media Cyber. 

"Sebagian besar peserta berasal dari media cyber, ada juga dari media cetak dan televisi," sebut Novrizon. 

Kegiatan ini kata dia berlangsung selama dua hari, 20-21 Juli 2019 yang akan diisi dengan orientasi dan ujian. "Hari pertama kita isi dengan orientasi yang disampaikan oleh pemateri yang sudah berpengalaman di bidangnya," katanya.

Pemateri lanjut Novrizon akan memberikan pengetahuan tentang sejarah PWI dan PD/PRT PWI serta tekhnik penulisan berita. Selain itu juga diberikan pengetahuan tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan aturan hukum lainnya termasuk UU Pers. 

"Pemateri diisi oleh senior PWI dari berbagai media yang telah berpengalaman di bidangnya, seperti Zulmansyah Sekedang, Dheni Kurnia, Kazzaini KS, Fendri Jaswir, Asril Dharma dan Zufra Irwan," sebutnya. 

Dirinya berharap seluruh peserta dapat mengikuti dengan baik orientasi ini dan lulus ujian. "Semoga lulus semua, kalau wartawan pasti bisa mengikuti tes ini karena memang sudah menjadi kegiatan sehari-hari," pungkas Novrizon. 

Sementara Ketua PWI Provinsi Riau, Zulmansyah Sekedang mengatakan hingga saat ini PWI Riau memiliki anggota sebanyak 1.031 orang. 

"Saat ini anggota PWI Riau tercatat 1.031, kalau 110 orang ini lulus semua artinya bertambah menjadi 1.141 anggota," kata Zulmansyah dalam sambutannya usai membuka acara. 

PWI, kata Zulmansyah merupakan salah satu organisasi wartawan terbesar dan tertua di Indonesia yang berdiri setelah kemerdekaan, 9 Februari 1946. 

Untuk saat ini lanjut dia, ada tiga organisasi wartawan yang sudah diakui Dewan Pers, yang terbesar PWI dan dua lainnya yakni IJTI dan AJI. Namun ada sekitar 39 organisasi wartawan lainnya yang masih berjuang untuk mendapatkan legalitas dari Dewan Pers.

Zulmansyah berharap kepada seluruh calon anggota PWI yang mengikuti orientasi dan ujian bisa lulus seluruhnya. "Ikuti dengan baik, soal ujian nantinya tidak akan jauh dari materi yang diberikan," ucapnya. 

Dirinya juga akan memberikan reward kepada 10 lulusan terbaik untuk bisa mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) gratis. "Kita akan berikan UKW gratis kepada 10 lulusan terbaik," pungkas pria yang karib disapa Bang Zoom ini. (***) 

 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook