Wali Kota Dumai Hadiri IMT-GT di Palembang

Minggu, 21 Juli 2019 - 13:25 WIB   [190 Klik]
Reporter : Adi Chandra
Redaktur : Oce E Satria

Wali Kota Dumai Hadiri IMT-GT di Palembang

Wali Kota Dumai Zulkifli As (dua dari kanan) dan para kepala daerah lainnya foto bersama di kegiatan IMT GT di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (19/7/2019).

KORANMX.COM, DUMAI - Wali Kota Dumai Zulkifli As menghadiri 11th Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Working Group on Transport Infrastructure di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (19/7). Kegiatan ini diikuti selama dua hari oleh orang nomor satu di Kota Dumai itu.

Wali Kota Dumai mengatakan, pada kesempatan tersebut dibahas juga pelaksanaan RoRo rute Dumai-Malaka yang akan direalisasikan.

“Ini memang kesempatan untuk pembahasan, pemerintah pusat sangat concern untuk mempersiapkan RoRo Dumai-Malaka,” tuturnya.

Diungkapkannya, pertemuan ini dihadiri tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand untuk membahas transportasi dan akan ditingkatkan dengan bekerjasama di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Pembahasan ini sangat jadi pembicaraan. “Karena tentunya akan akan meningkatkan hubungan baik kedua negara dan saling menguntungkan terutama untuk memperlancar arus barang dan orang, termasuk kunjungan wisatawan kedua negara,” ungkapnya.

Ia menyebutkan  sedang dalam proses menyiapkan pelabuhan dari sisi laut serta prosedur lainnya dari sisi darat maupun Custom, Imigration, Quarantine dan Security (CIQS).

Wali Kota Dumai Zulkifli As tengah mengikuti 11th Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Working Group on Transport Infrastructure di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (19/7)

“Kami pemerintah Kota Dumai tentunya sangat bangga, RoRo Dumai-Malaka jadi menjadi pembahasan intens dari kedua negara baik Indonesia maupun Malaysia,” katanya.

Zulkifli menjelaskan trayek RoRo Dumai-Malaka mempunyai prospek yang bagus baik untuk angkutan penumpang maupun barang. “Dalam kegiatan ini, semuanya segera dimatangkan dan dibawa ke tingkat pimpinan kedua negara untuk bisa segera direalisasikan,” jelasnya.

Kerjasama di bidang transportasi tersebut juga sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan konektivitas antarnegara, khususnya di Asia Tenggara sebagaimana hasil pertemuan 3rd Task Force Melaka-Dumai RoRo Ferry Operation Meeting yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia April 2019.

”Bahwa rute Dumai-Malaka ini diharapkan dapat dimulai melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Indonesia dan Malaysia pada akhir tahun 2019 ini,” sebutnya.

Rute RoRo Dumai-Malaka ini merupakan salah satu project yang diusulkan dalam MTWG dan salah satu proyek prioritas dalam The Master Plan on ASEAN Connectivity dan Brunei Action Plan. “Mudah-mudahan segera terealisasi,” tutupnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook