Camat Ngaku Hanya Sebatas Mengusulkan

Pembangunan Jalan Gideon Selalu Dialihkan

Minggu, 21 Juli 2019 - 16:27 WIB   [45 Klik]

Pembangunan Jalan Gideon Selalu Dialihkan

Jalan Gideon RT03 RW 05, Labuhbaru Barat, Kecamatan Payung Sekaki.

PEKANBARU—Camat Payung Sekaki Nurhasminsyah SSTP MSi, Rabu (17/7), ditemui warga terkait Jalan Gideon, yang tidak kunjung ada perbaikan oleh pemerintah. Warga yang datang didampingi Ketua RT 03, Labuhbaru Barat R Sihotang, di Kantor Camat Payung Sekaki.

Namun, camat yang ditemui mengaku hanya sebatas mengusulkan. ‘’Kita hanya sekedar mengusulkan melalui Musrenbang, tapi realisasinya tetap Dinas PUPR atau Dinas Perkim. Seharusnya usulan itu harus dikawal oleh anggota DPRD dapil Payung Sekaki,’’ kata Camat.

Menurut camat, Jalan Gideon itu setiap tahun selalu dimasukkan dalam usulan kelurahan dan kecamatan. Namun, entah mengapa, begitu masuk dalam Musrenbang, pengerjaannya justru tidak ada samasekali.

Kalau sudah dialihkan dari atas, pihak kecamatan tak bisa berbuat banyak. Untuk itu, perlu dilakukan pengawalan, agar usulan pengerjaan Jalan Gideon itu tidak dipindahkan.

‘’Yang jelas pihak kelurahan dan kecamatan sudah mengusulkannya. Sekarang usulan itu kemana perginya, itu yang tidak kita ketahui,’’ kata Camat.

Saat ditanya, apakah setiap pengajuan pembangunan yang dibuat kecamatan harus dikawal oleh masyarakt. Bukankah pembangunan itu wajib dilakukan pemerintah, tanpa harus diminta-minta.

‘’Maksud saya bukan masyarakat yang mengawal, tapi anggota DPRD dapil Payung Sekaki,’’ kata Camat.

Sementara salah seorang pegawai kecamatan mengaku kalau setiap kecamatan melakukan Musrenbang, anggota DPRD tak ada yang hadir.

Padahal, tambahnya anggota DPRD itu sudah diundang agar datang dan mengetahui mana saja pembangunan yang diprogramkan di Dapil itu.

‘’Setiap Musrenbang, anggota DPRD tak pernah ada yang datang,’’ katanya meminta agar namanya tidak disebut.

Perlu dijelaskan, Jalan Gideon RT 03/RW 05, Kelurahaan Labuhbaru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, adalah jalan yang mengalami ketinggalan pembangunan.

Sejak jalan itu dibuka tahun 1995, belum pernah tersentuh pembangunan.

Menurut warga sekitar, jalan itu dibuka atas kerjasama warga yang hanya beberapa keluarga saja tinggal di sana. Seiring dengan waktu, warga yang tinggal di Jalan Gideon itu, semakin ramai.

Namun sampai sekarang tidak ada poerhatian pemerintah terhadap pembangunan jalan itu.

‘’Setiap kami minta agar jalan disemenisasi melalui RT/RW, jawabannya, sudah dimasukkan ke Musrenbang. Itulah dijawaban.

Untuk itu kami berharap anggota DPRD Dapil Payung Sekaki, agar memperhatikan pembangunan jalan di tempat pemilihannya,’’ kata Purba. =MX2  

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook