Dugaan Korupsi MTQ Inhu 2017

Kabag Kesra Inhu Ditetapkan Tersangka

Senin, 22 Juli 2019 - 16:28 WIB   [467 Klik]
Reporter : Surya Abdi
Redaktur : Raja Mirza

Kabag Kesra Inhu Ditetapkan Tersangka

Kajari Inhu, Hayin Suhikto menggelar konferensi pers

KORANMX.COM,INHU--Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hulu resmi menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Inhu. Salah satunya Kabag Kesra Inhu. 

"Dalam kasus dugaan korupsi makan minum MTQ tingkat Kabupaten tahun 2017 ini, kita tetapkan dua tersangka berinisial SB selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan AJ selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)," ungkap Kajari Inhu Hayin Suhikto SH MH saat ditemui koranmx.com, Senin (22/7/2019).

Pekan lalu penyidik juga telah memeriksa sejumlah saksi secara bergantian atas dugaan penyelewengan anggaran makan minum pada MTQ 2017 lalu pada Bagian Kesra Sekretariat Daerah (Setda) yang dianggap tidak wajar. Di mana anggaran makan minum tersebut mencapai Rp709 554 000 yang diduga mark up.

"Kerugian atas dugaan tindak pidana korupsi ini mencapai Rp 313 857 600," sebut Kajari.

Saat ditanyakan tentang kapan akan dilakukan penahanan, Kajari Inhu mengatakan pihaknya akan melakukan pemanggilan dan penahanan tersangka dalam waktu dekat. 

"Sesuai SOP, kita akan panggil dulu tersangkanya. Lalu kita lakukan penahanan," sebut Hayin Suhikto. 

Sebelumnya penyidik telah meminta keterangan Kepala Bagian (Kabag) Kesra, H Ahmad Jalil hingga pekan lalu, tim penyidik juga memanggil sejumlah pihak dan memeriksa beberapa staf Kesra.

Pengadaan makan dan minum di acara MTQ 2017 lalu lanjutnya memang dilakukan secara lelang melalui pihak ketiga dan pemenang tender juga sudah dimintai keterangan. 

Diketahui, Tim penyidik Pidsus (Pidana Khusus) Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu (Inhu), resmi meningkatkan status perkara dugaan korupsi Konsumsi MTQ Tingkat Kabupaten Inhu tahun 2017, dari Lid (penyelidikan) ke Dik (penyidikan) pada, Senin (1/7/2019) lalu. 

Pada Senin (22/7/2019) penyidik resmi menetapkan dua tersangka atas dugaan tindak pidana korupsi Konsumsi MTQ tingkat Kabupaten tahun 2017. (***) 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook