Patroli Karhutla, Polsek Mandau Trabas Motor Trail

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 09:17 WIB   [58 Klik]

Patroli Karhutla, Polsek Mandau Trabas Motor Trail


DURI–Polsek Mandau melaksanakan patroli meninjau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Giat trabas menggunakan motor trail itu sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Mandau serta Bathin Solapan akan dampak negatif dari Karhutla terhadap kesehatan.

Kegiatan dipimpin langsung Kapolsek Mandau Kompol Arvin Hariyadi SIK didampingi Wakapolsek AKP Ali Suhud, Kanit Reskrim Iptu Firman Fadhila dan sejumlah personel. "Kegiatan ini kita gelar untuk meninjau dan mensosialisasikan bahaya Karhutla bagi kesehatan. Kita juga mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar,” kata Kapolsek Mandau Kompol Arvin Hariyadi SIK, Sabtu (3/8/19) kepada sejumlah wartawan.

Dijelaskan Arvin, sesuai Undang-Undang No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, Pasal 50 ayat (3) huruf d, setiap orang dilarang membakar hutan maupun lahan. Pasal 78 ayat (3) berbunyi, barang siapa dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar.

“Lalu Pasal 78 ayat (4), barang siapa karena kelalaiannya melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d, diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp1,5 miliar,” terangnya.

Arvin menuturkan, kegiatan patroli Karhutla ini dimulai dari daerah rawan, seperti di simpang Tegar Kelurahan Pematang Pudu, simpang Jurong Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan dan simpang Ampuh Dusun Cucut Desa Buluh Manis. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook