Proyek Gazebo di Rupat Utara Dipertanyakan

Jumat, 09 Agustus 2019 - 14:39 WIB   [132 Klik]

Proyek Gazebo di Rupat Utara Dipertanyakan


RUPATUTARA—Pembangunan 10 unit gazebo di Pantai Bestari di Desa Puteri Sembilan, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis dipertanyakan. Kuat dugaan ada mark up pada proyek yang anggarannya bersumber dari dana desa silpa tahun 2018.

Gazebo yang terbuat dari kayu tersebut, anggarannya sebesar Rp 73.965.000. Pelaksanaannya dengan pola padat karya tunai (PKT), volume 10 unit dan waktu pelaksanaan 60 hari.

Gazebo tersebut ukurannya 2 X 2 dan tinggi 3 meter. Materialnya terbuat dari empat tiang kayu nibung dan 11 keping papan capca (campuran) sepanjang 1/2 meter, dilengkapi dengan seng berwarna merah.

Pembangunan satu gazebo tersebut menelan anggaran sebesar Rp7 juta. Anggaran itu dinilai sangat tinggi.

Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas Kepala Desa Putri Sembilan bernama Faisal menyatakan jika nanti ada pemeriksaan dari inspektorat dan ditemukan anggaran pembangunan gazebo tersebut tak sesuai, pasti dananya akan dipulangkan.

“Setiap pekerjaan sudah dihitung oleh pihak inspektorat. Kalau ada ditemukan besar atau kecilnya dari anggaran tersebut berapa, pasti kita dari pemerintah desa memulangkan dananya,” ujarnya.

Faisal menambahkan, pihaknya membuat RAB anggaran tersebut belakangan, karena mereka tidak memiliki tenaga teknis.
"Saat pekerjaan itu mau dimulai, baru kita memanggil kawan-kawan yang sudah memahami bidang tersebut untuk membuat RAB maupun bestek pembangunannya. Jadi tentu kita sudah menganggarkan bangunan tersebut sekian, bahkan kalau anggaran tidak mencukupi, kita juga tidak berani membangunnya dari pada kita menanggung risiko,” pungkasnya.
=mx



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook