Sembelih 12 Ekor Sapi, 4 Kambing

Bagikan 511 Kantong Daging Kurban, Ini yang Dilakukan Jamaah Masjid Masyithah

Minggu, 11 Agustus 2019 - 17:27 WIB   [136 Klik]
Reporter : Ridho Fernandes
Redaktur : Raja Mirza

Bagikan 511 Kantong Daging Kurban,  Ini yang Dilakukan Jamaah Masjid Masyithah

Ketua Panitia Kurban, Novri Wahyudi menunjuk bungkusan daging kurban

KORANMX.COM, PEKANBARU--Panitia Kurban Masjid Masyithah di Jalan Harapan Baru, Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya menyembelih 12 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Sebanyak 511 kupon daging dibagikan kepada jamaah, Ahad (11/8/2019). 

"Alhamdulillah untuk tahun ini ada sebanyak 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang kita terima dari peserta kurban, semua dari RW 02 yang terdiri dari RT 1,2,3,dan 4,"kata Ketua Panitia Kurban Masjid Masyithah Novri Wahyudi, kepada koranmx.com, Ahad (11/8/2019). 

Dikatakan Novri, antusias warga untuk berkurban cukup tinggi, ini terlihat jumlah hewan kurban yang mengalami peningkatan disetiap tahun nya. 

Untuk tahun lalu dikatakan Novri, ada sebanyak 12 ekor sapi dan ditambah 3 ekor kambing. 

"Walaupun mengalami peningkatan sedikit, tapi Alhamdulillah itu menunjukkan antusias warga untuk berkurban cukup tinggi, kita harapkan untuk tahun berikutnya dapat bertambah jumlah hewan kurban nya dibandingkan tahun ini, "pungkasnya.

Menariknya, dari seluruh jumlah 483 Kepala Keluarga (KK) yang terdata oleh panitia, namun panitia menyiapkan 511 bungkusan daging kurban, tidak hanya jemaah Masjid Masyithah saja yang dapat menikmati daging kurban ini, namun panitia juga menyiapkan beberapa bungkusan daging kurban untuk kaum duafa. 

"Jadi kita akan bagikan juga kepada kaum duafa, karena kalau di RW.02 saja hanya 483 KK, tapi kita siapkan 511 bungkus supaya dapat berbagi dengan kaum duafa, dan itu diluar dari bungkusan dari peserta kurban," ungkap Novri. 

Pihaknya tidak hanya menyiapkan untuk kaum duafa namun juga memberikan 30 bungkusan daging kurban kepada masyarakat non Muslim. "Jadi makna berkurban ini memang betul-betul mengajarkan kita untuk saling berbagi dan peduli antar sesama," tutur Novri. 

Sementara untuk satu bungkus kantong plastik lanjutnya rata-rata diisi dengan 1,3 Kilogram daging dan untuk peserta kurban kita isi dengan 2 Kilogram daging per bungkus nya. 

Suasana kebersamaan tampak begitu terasa dalam menyelesaikan pekerjaan. Mulai dari proses penyembelihan hingga pendistribusian daging kurban. 

Hal itu makin terlihat saat santap siang bersama panitia dan seluruh pekerja yang telah disiapkan kaum ibu dengan beraneka ragam masakan lezat. 

"Semua kita lakukan secara gotong royong dengan warga, tidak ada main upah sedikit pun, bahkan untuk masak-masak makan siang, memang dari sumbangsih ibu-ibu, tidak ada memakai dana Masjid," tutup Novri. (***) 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook