Gelar Makan Bersama di Halaman Masjid

Ajang Silaturahmi Jamaah, Masjid Al-Munawarah Sembelih 9 Ekor Sapi

Minggu, 11 Agustus 2019 - 19:30 WIB   [142 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Ajang Silaturahmi Jamaah, Masjid Al-Munawarah Sembelih 9 Ekor Sapi

Para jamaah tampak menikmati santap siang bersama

KORANMX.COM, PEKANBARU--Ratusan jamaah Masjid Al-Munawarah di Jalan Abadi Ujung, Kelurahan Tobekgodang, Kecamatan Tampan tampak memadati halaman masjid. Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Ahad (11/8/2019).

Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Munawarah, Waslibar mengatakan, pada tahun ini partisipasi masyarakat untuk menjadi peserta kurban meningkat, pihaknya menerima 9 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari jamaah. 

"Alhamdulillah peserta meningkat, yakni dari 8 ekor sapi dan 2 kambing pada tahun sebelumnya menjadi 9 ekor sapi dan 3 kambing pada tahun ini. Dari total peserta sebanyak 66 orang kita membagikan sebanyak 360 kantong daging," ucapnya saat ditemui koranmx.com, Ahad (11/8/2019) pagi.

Kebersamaan dan kekompakan warga tampak terlihat dalam melaksanakan tugas penyembelihan pagi itu. Mulai dari proses penumbangan sapi, penyembelihan hingga pembagian daging kurban. 

Untuk itu, panitia telah membentuk sebanyak 10 kelompok kerja (Pokja), di mana setiap kelompok terdiri dari 5 orang yang bertanggung jawab atas hewan kurban, mulai dari pemotongan hingga pembagian daging hewan kurban. 

"Ada 10 Pokja kita bentuk, masing-masing nya bertanggungjawab atas pekerjaan nya. Mulai dari penyembelihan hingga pembagian daging. Untuk 3 ekor kambing itu 1 Pokja dan 9 lainnya sapi," ucapnya. 

Kekompakan semakin terlihat saat jamuan makan siang bersama yang dihelat di halaman masjid. Ratusan pekerja yang terdiri dari jamaah dan warga tampak larut dalam kegembiraan bersama menikmati berbagai menu masakan lezat yang telah disiapkan jamaah kaum ibu. Mulai dari asam pedas ikan patin, gulai jengkol hingga kalio daging. 

"Jamuan makan bersama ini adalah momen rutin, guna mempererat hubungan silaturahmi sesama warga dan jamaah," kata Ketua RW 03, Tobekgodang, Abdul Hakim yang juga tampak hadir siang itu. 

Didampingi Ketua Masjid Al-Munawarah, Ray Ridwan dan Sekretaris RW 03, Supriadi, Abdul Hakim mengatakan, makan bersama seperti ini sangat menyenangkan. Terlebih dengan ramai nya kehadiran anak-anak dan remaja menambah gembira nya suasana. "Ini ajang mempererat silaturahmi dan mempersatukan warga, yang tidak kenal menjadi kenal," tuturnya. 

Terlebih kata dia, kegiatan semacam ini juga sangat penting dilakukan guna mewariskan kepada generasi muda untuk terus mempererat silaturahmi. "Ini penting sekali, sekaligus mengajarkan kepada anak-anak kita dalam hal agama, dengan begini jadi rajin ke masjid dan mengenal makna ibadah kurban," ucapnya. 

Dirinya berharap, kedepan partisipasi jamaah untuk berkurban semakin meningkat. "Kalau tahun ini 9 sapi tahun depan menjadi 10 dan mungkin lebih. Semoga ekonomi masyarakat kian membaik dan partisipasi jamaah juga meningkat untuk melaksanakan ibadah kurban," pungkas Abdul Hakim. (***) 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook